Sumsel Tanam 100 Juta Pohon

Posted: 01/03/2011 in Uncategorized
Tags: , , ,

InformasiPagi, Sumsel

Pada Bulan April mendatang Pemerintah Pusat akan melihat dan menilai komitmen provinsi-provinsi di Indonesia, untuk melakukan penghijauan melalui program tanam satu milyar pohon yang dicanangkan Pemerintah Pusat beberapa waktu lalu. Di Provinsi Sumsel sendiri hingga Januari 2011 sudah melakukan penanaman lebih dari 100 juta bibit pohon.
Menurut, Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Sumsel, Sigit Wibowo, Dishut Provinsi Sumsel mencatat laporan terakhir yang diterima pihaknya program penanaman pohon di Sumsel sudah mencapai lebih dari 100 juta pohon. Realisasi penanaman pohon terbanyak dilaksanakan oleh Kabupaten Banyuasin, Muba, Muara Enim, OKI dan lainnya, penanaman tersebut dilaksanakan oleh HTI (Hutan Tanaman Industri), HTR (hutan tanaman rakyat), perusahaan, BUMN, pemerintah, masyarakat menanam dan lainnya melalui kegiatan-kegiatan penghijauan.
“Bibit penanaman pohon itu ada dari bantuan pemerintah dan juga ada yang murni dari perusahaan sendiri karena kesadaran untuk melakukan penghijauan. Di Sumsel penanaman pohon terbanyak dilakukan HTI, dari 100 juta pohon yang tertanam itu 60 persennya bisa dari HTI, karena HTI memang programnya melakukan penanaman,” kata Sigit diwawancara di Kantor Gubernur, kemarin, Selasa (25/1).
Sigit menerangkan, pada April mendatang pemerintah pusat akan turun melakukan penilaian ke provinsi-provinsi, namun sebelumnya akan ada tim sendiri yang dibentuk Gubernur Sumsel untuk menilai jalannya program penanaman pohon di tingkat kabupaten/kota.
“Pemerintah pusat akan menilai seberapa jauh keterlibatan Provinsi dan kabupaten/kota di Indonesia dalam mendukung penanaman sejuta pohon. Jadi dalam masa satu tahun ini, akan dihitung berapa perusahaan yang menanam pohon, kita tinggal menunggu perkembangannya saja,” jelasnya.
Lebih lanjut sambung dia, pada 2010 lalu dari kurun waktu Februari 2010 sampai dengan pertengahan November 2010 lalu Pemerintah Pusat di Jakarta mencatat Provinsi Sumsel mampu menanam hingga 71 juta pohon. Menurutnya, hingga akhir tahun 2010 Provinsi Sumsel secara prinsip sudah mencapai target penanaman pohon yaitu 100 juta pohon.
“Pemerintah pusat mencanangkan program tanam satu milyar pohon untuk dunia, di Sumsel untuk mencapai target penanaman pohon itu kita tidak memaksakan dan menentukan kepada kabupaten/kota berapa besaran jumlah yang harus ditanam, tapi tergantung kemampuan daerah itu sendiri, jenis pohonnya pun tidak ditentukan,” tutupnya.
Sementara itu, Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin, pernah mengatakan, Pemprov Sumsel telah mencanangkan program penanaman 1 juta pohon di seluruh daerah di Sumsel bekerjasama pemda setempat, masing-masing kabupaten/kota diminta menanam 1 juta pohon. “Kalau satu daerah menanam 1 juta pohon, artinya ada 16 juta pohon baru yang akan ditanam di Sumsel, sehingga program Pemprov Sumsel menghijaukan Provinsi Sumsel akan terwujud,” ujar Alex.Agustian Pratama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s