Sumbangan Pembangunan Masjid Sriwijaya Capai Rp1,1 M

Posted: 01/03/2011 in Uncategorized
Tags: , , , ,

– Gubernur Sumbang Masjid Sriwijaya Rp1 Miliar

InformasiPagi, Sumsel

Panitia sayembara desain Masjid Sriwijaya secara resmi akan mengumumkan pemenang sayembara pada 31 Januari mendatang di Griya Agung Palembang. Pembangunan Masjid Sriwijaya membutuhkan dana Rp700 Miliar, sejauh ini sumbangan dana pembangunan sudah mencapai Rp1,1 M lebih.
Menurut Ketua Umum Yayasan Wakaf Masjid Sriwijaya, Zamzami Achmad ini, pada tanggal 31 Januari mendatang di Griya Agung Palembang, akan ditentukan dan diumumkan secara resmi pemenang sayembara desain Masjid Sriwijaya, Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin sendiri didaulat menyerahkan secara langsung hadiah pemenang sayembara.
Ia mengaku, penentuan pemenang sayembara desain ditangani langsung juri-juri yang sudah ahli dibidangnya, seperti ahli teknik dari Bidang Pekerjaan Umum, pihak BPPT, unsur ulama dan lainnya. “Dalam penentuannya ini juga sudah melalui rapat dengan seluruh panitia pembangunan dan pembina Masjid Sriwijaya, salah satunya memilih desain yang ada unsur budaya Sumsel,” ungkap Mantan Ketua DPRD Sumsel ini, saat diwawancara kemarin, di Kantor Gubernur, Kamis (27/1).
Zamzami menjelaskan, untuk membangun masjid tercantik di Indonesia ini, dibutuhkan dana sekitar Rp700 Miliar, kalkulasi dana tersebut berdasarkan anggaran yang tercantum dari desain yang menang yaitu dari dari Konsultan AIR. Namun, pendanaan dapat saja berubah, pasalnya akan ada evaluasi lebih lanjut mengenai desain, apakah akan sedikit diubah atau tidak.
“Untuk pembangunannya Gubernur berharap sumbernya dari sumbangan seluruh masyarakat Sumsel, tapi kita memang belum gerakkan aksi penggalangan dananya, karena secara resmi baru akan diumumkan 31 Januari nanti,” jelas dia.
Meski belum diumumkan pemenangnya dan belum dimulai pembangunan, panitia pembangunan Masjid Sriwijaya telah menerima banyak sumbangan dari masyarakat Sumsel, mulai dari Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin, tokoh-tokoh Sumsel di pemerintahan pusat, pengusaha Sumsel di Palembang dan lainnya. Sumbangan telah diterima sejak panitia pembangunan Masjid Sriwijaya terbentuk awal 2010 lalu.
“Pak Gubernur menyumbang Rp1 Miliar, dan sudah ada juga sumbangan sukarela setiap bulan masuk ke kas baik untuk pembangunan atau untuk biaya rutin, mulai dari Rp10 juta dan ada juga Rp100 juta, seperti dari Taufik Kiemas, Mudda’i Madang, Ismail Sri Melayu, Elius dan lain-lain,” pungkasnya.
Sementara itu, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sumsel, KH Sodikun mengatakan, setelah melakukan pembicaraan dengan segenap kepanitiaan, disepakati salah satu upaya penggalangan dana dengan melakukan gerakan seribu rupiah melalui sumbangan masyarakat Sumsel dimanapun berada.
“Gerakan seribu rupiah akan mulai bekerja setelah dibentuk kepanitiaan penggalangan dana yang terpadu, baik unsur pemerintah, swasta seperti BUMD, masyarakat seperti tokoh agama, tokoh masyarakat, jurnalis dan lainnya. Jika semua unsur ini berjalan saya yakin dan optimis dana akan terkumpul, Masjid Sriwijaya akan terealisasi,” kata Sodikun.
Menurutnya, sejauh ini sudah banyak masyarakat khususnya kalangan akademisi siap menyumbangkan pendanaan untuk pembangunan Masjid Sriwijaya ini. “Dengan bantuan seluruh umat, pembangunan Masjid Sriwijaya akan mampu terwujud, kalau di Sumsel ini sekitar lima juta umat Islam menyumbangkan uang Rp1.000 per orang per tahun, akan banyak dana terkumpul ditambah tahun-tahun berikutnya, apalagi dibantu pendanaan oleh pengusaha-pengusaha muslim, tokoh-tokoh Sumsel di luar Sumsel dan lainnya,” katanya.
Sebelumnya, Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin, juga pernah menyampaikan, untuk mewujudkan pembangunan Masjid Sriwijaya di Jakabaring tersebut membutuhkan biaya ratusan Miliar, bantuan dananya tersebut dari berbagai pihak termasuk dari Asian Development Bank yang akan masuk perencanaan pada 2011 mendatang. “Kalau Masjid Sriwijaya terwujud, maka di Indonesia tepatnya di Jakabaring Palembang akan ada satu komplek yang di dalamnya memiliki Islamic Center dipadukan Universitas Islam dan Masjid Sriwijaya, dengan kombinasi ini, masjid akan makmur,” katanya.Agustian Pratama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s