Sriwijaya Air Molor Terbangi Palembang-Kuala Lumpur

Posted: 01/03/2011 in Uncategorized
Tags: , , ,

InformasiPagi, Sumsel

Hingga kini, belum ada kepastian maskapai penerbangan Sriwijaya Air Palembang akan menerbangi rute Palembang-Kuala Lumpur, padahal sebelumnya dijadwalkan November 2010 rute tersebut sudah diterbangi Sriwijaya Air Palembang. Rute tersebut tampaknya akan diambil alih lagi maskapai penerbangan Air Asia.
Demikian diungkapkan Kepala Dinas Perhubungan dan Informatika (Dishub Kominfo) Provinsi Sumsel, Ir Sarimuda MT. Ia mengatakan, pihaknya telah menyurati pihak Sriwijaya Air Palembang untuk mengetahui perkembangan kepastian penerbangan Palembang-Kuala Lumpur yang akan diterbangi Sriwijaya Air Palembang. “Sriwijaya Air Palembang telah membalas surat itu secara tertulis, mereka menyebutkan belum ada izin dari pihak Kuala Lumpur;” kata Sarimuda di Kantornya, Jumat (28/1).
Menurut Sarimuda, secara prinsip Sriwijaya Air Palembang siap menerbangi rute tersebut, bahkan perizinan di Indonesia terkait rute baru Sriwijaya Air Palembang ini sudah diselesaikan, hanya saja masih terkendala di pihak Kuala Lumpur.
Namun, masyarakat yang menginginkan rute Palembang-Kuala Lumpur jangan berkecil hati, pasalnya maskapai penerbangan Air Asia sudah kembali menyatakan niatnya menerbangi rute tersebut, yang sebelumnya sempat dihentikan.
“Baru-baru ini maskapai penerbangan lain yaitu Air Asia sudah menghubungi kita, dan kita telah melakukan rapat di Jakarta, Air Asia menyatakan minatnya kembali menerbangi Palembang-Kuala Lumpur. Sesuai rencana, tanggal 10 Maret mendatang sudah mulai beroperasi. Tapi, untuk yang Sriwijaya Air tetap kita tunggu,” ungkap Sarimuda.
Sementara itu, hingga sore kemarin, BeritaPagi belum berhasil mendapatkan konfirmasi secara detail dari kedua maskapai penerbangan baik Sriwijaya Air Palembang maupun Air Asia. District Manager Sriwijaya Air Palembang, Joni saat coba dihubungi ponselnya beberapa kali tidak menyambut. Salah satu petugas dari pihak Air Asia yang dihubungi juga tidak dapat berkomentar banyak, namun ia sedikit membenarkan Air Asia berminat menerbangi kembali rute lamanya itu. “Ya benar, tapi untuk keterangan lebih lanjut, silahkan hubungi langsung public relation Air Asia di Jakarta,” katanya yang meminta namanya dirahasiakan.
Namun pada pemberitaan sebelumnya, District Manager Sriwijaya Air Palembang, Joni pernah mengatakan, pihaknya belum dapat memastikan kapan jadwal pasti Sriwijaya Air akan menerbangi rute Palembang-Kuala Lumpur, pasalnya ada perubahan aturan yang diterapkan pihak Malaysia. Padahal jika berdasarkan rencana semula, pihaknya menargetkan paling tidak akhir November 2010 Sriwijaya Air sudah dapat beroperasional.
“Semula, rencananya kita hanya tinggal finishing saja dan kemudian mulai beroperasi, tapi karena ada aturan main yang baru dan ketentuan baru dari pihak Malaysia, terpaksa kita mulai dari awal lagi, sehingga sekarang masih dalam progres penyelesaian ketentuan baru itu,” kata Joni.
Sedangkan, Direktur Komersil Sriwijaya Air, Toto Nursatyo pernah menjelaskan, animo tujuan ke Kuala Lumpur per harinya bisa tembus 100 orang, dalam satu bulan bisa mencapai 3.000 penumpang. Pihaknya berencana menerbangi rute Palembang-Kuala Lumpur tiga kali satu minggu, namun jika seat akan terpenuhi Pemprov akan memberikan subsidi. Pihaknya berharap, dengan adanya kerjasama dengan Pemprov Sumsel ini, pasar penerbangan ke Kuala Lumpur akan tumbuh.
Ia menjelaskan, tarifnya penerbangan rute tersebut belum dibahas, tapi ia memastikan akan terjangkau dan tidak sebesar tarif ke Palembang-Jakarta-Kuala Lumpur yang mencapai 200 USD. Ia mengaku, akan ada bagi hasil antara Sriwijaya Air dan Pemprov Sumsel, namun, pihaknya belum dapat memberitahu nominalnya karena akan dibahas lebih lanjut.Agustian Pratama

Comments
  1. Sriwijaya says:

    tutup bae la SRIWIJAYA AIR tu…besak ngomong bae…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s