Pelihara Bantalan Rel, Antisipasi Kecelakaan KA

Posted: 01/03/2011 in Uncategorized
Tags: , , , , ,

InformasiPagi, Sumsel

Agar masyarakat pengguna jasa kereta api (KA) di Provinsi Sumsel mendapatkan kenyamanan dan keamanan maksimal, khususnya menghindari terjadinya kecelakaan seperti musibah di Jawa Barat (KA Mutiara Selatan menabrak KA Kutojaya Selatan). Dinas Perhubungan dan Informatika (Dishub Kominfo) Provinsi Sumsel melakukan pengecekan dan pemeliharaan bantalan rel.
Hal ini dikatakan Kepala Dishub Kominfo Provinsi Sumsel, Ir Sarimuda MT, kemarin Minggu (30/1). Menurutnya, kecelakaan KA dapat terjadi karena beberapa faktor antara lain, karena fasilitas, sarana pra sarana KA tersebut, salah satunya bantalan rel KA, juga bisa dikarenakan human error (kesalahan manusia).”Kecelakaan bisa karena fasilitas, dan bisa juga karena pengemudi yang ngantuk sehingga lalai dan terjadi tabrakan,” katanya.
Untuk itulah, di Sumsel terlebih adanya kejadian musibah KA di luar Sumsel, pihaknya memantau serius masalah fasilitas KA, meski setiap tahunnya hal tersebut sudah dilakukan secara rutin. Sarimuda bersyukur, sejauh ini di Sumsel tidak terjadi hal tidak diinginkan seperti musibah tabrakan KA atau lainnya, seiring dengan itu, pembenahan terus dilakukan pihaknya salah satunya memerhatikan kondisi bantalan rel KA.
”Dulu di zaman belanda bantalan rel KA itu dari kayu, sehingga banyak terjadi KA yang anjlok, tapi sekarang sudah diganti semua dengna beton. Tapi, tetap kita lakukan pemeliharaan dan pemantauan. Untuk pemeliharaan fasilitas seperti bantalan rel KA ini, memang sudah kita laksanakan dan dianggarkan setiap tahunnya, melalui Kementrian Perhubungan RI bersama PT Kereta Api Indonesia. Jadi, pemeliharaannya rutin dan tidak temporer,” jelasnya.
Pembenahan dan pemeliharaan fasilitas KA ini salah satunya bantalan rel KA, tidak lain untuk menciptakan kenyamanan dan keamanan masyarakat dalam menggunakan transportasi massal KA. ”Mudah-mudahan musibah tabrakan KA atau KA anjlok yang terjadi di luar Sumsel, tidak terjadi di Sumsel,” harapnya.
Disinggung mengenai rencana renovasi dan pembangunan stasiun KA Kertapati, Sarimuda mengatakan, pembangunan akan segera dilaksanakan pada Februari, bersamaan dengan pembangunan dan perluasan Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang.
Seperti diketahui, mengenai pembangunan dan renovasi stasiun KA Kertapati ini, Direkur Utama PT Kereta Api Indonesia (KAI) Ignasius Johan pernah mengatakan, akan mensupport penuh permintaan pembangunan Stasiun Kertapati dengan wajah baru, melalui penyiapan seluruh kelengkapan, baik administrasi dan lainnya. Pihaknya menargetkan bulan Juli tahun depan, pembangunan sudah rampung.
Agustian Pratama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s