Mall Bawah Tanah Dibangun

Posted: 01/03/2011 in Uncategorized
Tags: , , , , , , ,

InformasiPagi, Sumsel

Dua kendaraan ekskavator dan truk pengakut tanah, sepertinya sejak kemarin, Kamis (27/1) sudah mulai bergerak melakukan penggalian tanah di lapangan parkir Bumi Sriwijaya Jl POM IX, Kampus. Galian yang rencananya sedalam empat meter ini, menjadi lokasi pembangunan undergroud mall dengan investor Lippo grup senilai Rp 400-500 miliar.

Kepada Dinas PU Cipta Karya Sumsel Rizal Abdullah di kantornya kemarin Kamis (27/1), mengatakan, secara tehnis investor yang melakukan pembangunan pusat perbelanjaan bawah tanah ini, belum dilakukan. Pasalnya, salah syarat yang harus dipenuhi adalah dengan menutup semua area proyek dengan pagar seng. kedua, saat kegiatan penggalian dimulai, sudah ada kendaraan truk yang langsung menampung tanahnya.

“Tidak boleh penumpukan. Begitu tanah dikeruk, langsung masuk ke truk dan dibawah ke luar,” jelasnya.
Kalau pun ada pengerukan, ungkap Rizal, kemungkinan kontraktor melakukan pengurukan terlebih dahulu.

Namun begitu, Rizal juga memberikan sinyal, pembangunan Mall, rumah sakit internasional dan sekolah internasional lengkap dengan asrama guru di kawasan POM IX, sudah dimulai.

Pasalnya, bersamaan dengan itulah, kegiatan rehab bangunan stadion Bumi Sriwijaya, Kolam Renang Lumban Tirta yang akan dijadikan salah satu venues tempat pertandingan Polo Air, dan rehabilitasi Gedung Baskes Indor yang akan disulap menjadi lokasi tinju pada SEA Games 2011 mendatang.

“Begitu tiga venues ini selesai direhab, pembangunan underground mall selesai pula dan lapangan parkir Stadion Bumi Sriwijaya bisa digunakan untuk parkir kendaraan seperti fungsinya.

Hanya saja, layoutnya lebih cantik dari yang sekarang ini,” papar Rizal.
Informasi yang dihimpun di jajaran Dinas PU Cipta Karya Sumsel, hingga Kamis sore kemarin ada pertemuan dengan pihak Lippo menyangkut BOT dan besaran revenue sharing (bagi hasil) yangg diterima pemerintah selama dalam masa sewa pakai aset Pemprov Sumsel. “Selama proses penyewaan aset, Pemprov mendapatkan pemasukan bagi PAD,” jelas seorang staf di Dinas PU Cipta Karya Sumsel.

Sementara pantauan kemarin, memang ada aktivitas penggalian yang dilakukan dua unit ekskavator yang melakukan pengerukan dan beberapa mobil truk yang menampung tanah galian. Hanja saja, areal yang menjadi kawasan pekerjaan belum dilakukan penutupan. Disisi lain, masih banyak kendaraan pengujung Palembang Square (PS) yang masuk dan parkir, kendati belum menganggu pekerjaan pengalian.

Investasi Besar
Selain mall, Lippo Group membangun membangun rumah sakit di sudut lapangan parkir dekat PS Mal dan lapangan basket dengan kapasitas sekitar 180 tempat tidur.

Dan membangun gedung sekolah, mulai tingkat sekolah dasar (SD) sampai sekolah menengah atas (SMA) di bagian depan dan belakang gedung basket di samping kolam renang Lumban Tirta. Dana yang bakal diinvestasikan Lippo Group untuk pembangunan ini juga cukup fantastis, sekitar Rp 400-450 miliar.

“Malnya di bawah tanah. Bagian atasnya tetap dipakai untuk lahan parkir,” kata Legal Lippo Karawaci Georgy R Dalimartha kepada wartawan sebelumnya.

Nantinya mal bawah tanah tersambung (terkoneksi) dengan Stadion Bumi Sriwijaya dan PS Mal, sedangkan Untuk rumah sakit itu sebagai bentuk CSR (Corporate Social Responsibility) Lippo untuk Palembang.

“Lippo akan merenovasi gedung basket dan kolam renang Lumban Tirta sehingga bisa dipakai saat SEA Games di Palembang. Semua dikerjakan akan sesuai batas waktu yang diberikan Pemprov Sumsel,” katanya.

Untuk pembangunan ini lahan yang digunakan sekitar 2,6 Ha, dan untuk bangunan sekitar 1,5 Ha dengan konsep bangunan seperti huruf “L” atau saling berhubungan bangunan yang satu dengan lainnya. Pihak Lippo menargetkan saat SEA Games digelar, rumah sakit dan mall selesai dibangun. Begitu juga dengan sekolahan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s