Kemenag Sumsel Segera Gelar Rapat Terpadu

Posted: 01/03/2011 in Uncategorized
Tags: , , , ,


– Terkait Timbulnya Dugaan Aliran Sesat di Tegal Binangun

InformasiPagi, Sumsel

Kementrian Agama (Kemenag) Provinsi Sumsel segera melakukan rapat terpadu, dengan pihak Kepolisian, Kejaksaan Tinggi dan unsur lainnya, termasuk pihak majelis yang diduga melancarkan aliran sesat. Untuk mencari solusi terbaik dan agar masalah tersebut tidak berlarut-larut.
Demikian diungkapkan Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Sumsel, Drs H Najib Haitami MM diwawancara Sabtu (29/1). Ia mengatakan, dengan maraknya informasi ada aliran yang diduga sesat akhir-akhir ini, yang berkedok pengajian, membuat Kemenag Sumsel langsung mengumpulkan data aktifitas pengajian yang disinyalir menyimpang dari ajaran Islam tersebut.
“Kemenang Sumsel banyak menerima telepon, bahkan tamu yang mempertanyakan maraknya aktifitas pengajian yang diduga menyimpang dari ajaran Islam, yaitu aktifitas pengajian yang diduga beraliran sesat yang berada di kawasan Tegal Binangun Kota Palembang, yang menurut salah satu media lokal ajarannya diduga memperbolehkan gonta-ganti pasangan,” kata Najib.
Selain melakukan pengumpulan data terkait keberadaan dan aktifitas pengajian yang disinyalir menyimpang dari syariat Islam itu, pihaknya juga masih menunggu hasil investigasi tim lapangan dari komisi fatwa MUI Sumsel. Bahkan dalam waktu dekat, Kemenag akan mengundang pihak-pihak terkait dalam hal ini Kesbangpol Linmas, Majelis Ulama Indonesia (MUI), kejaksaan dan kepolisian serta pimpinan pengajian tersebut untuk mencari solusi terbaik dan agar masalah tersebut tidak berlarut-larut.
“Kita siap memfasilitasinya, untuk duduk bersama dan bermusyawarah, hal ini dalam rangka mencari penyelesaian yang terbaik, sehingga tidak ada yang dirugikan atau terganggu. Kita dulu juga sudah melakukan upaya mediasi serupa terkait aliran Amanat Keagungan Illahi (AKI) dan alhamdulillah semua bisa diselesaikan secara baik-baik,” terang dia.
Najib juga mengimbau, agar semua pihak untuk bersabar dan menahan diri, jangan sampai melakukan tindakan yang melanggar hukum. “Kita tunggu hasil tim yang turun ke lapangan. Yakinlah kita akan selesaikan laporan dan temuan ini dengan sebaik-baiknya,”imbuhnya.
Sementara itu, Kasubbag Hukmas dan KUB Kemenag Provinsi Sumsel, Saefudin Latief SAg, menambahkan, pihaknya mendapatkan klarifikasi dari Dewan Pimpinan Pusat Persatuan pembela Thareqat Islam (DPP PPTI) yang dalam suratnya ditujukan ke Kakanwil Kemenag Provinsi Sumsel tertanggal 27 Januari 2011, isi surat meminta kepada pihak-pihak terkait, antara lain Kemenag Provinsi Sumatera Selatan agar mengklarifikasi keberadaan majelis zikir Al-Furqon beralamat di Tegal Binangun Plaju Darat Palembang, dibawah pimpinan H.Sukarman Dewhana adalah ajaran Thareqat Islam yang bersumber dari Al-qur`an, Sunnah Rasulullah SAW, Qiyas dan Ijma` Ulama bukan ajaran sesat seperti yang diberitakan media massa selama ini.
”Tapi yang jelas, meski sudah ada surat klarifikasi tersebut, kita akan tetap melakukan investigasi dan pengumpulan data, kalau memang terbukti sesat kita akan antisipasi agar tidak menyebar aktifitasnya di Sumsel. Kita juga akan meminta mereka menandatangani surat pernyataan akan menghentikan dan membubarkan aliran,” pungkasnya.Agustian Pratama

Comments
  1. ilham hidayat says:

    yo cpt selesaikan agr warga dak ngmuk

  2. ilham hidayat says:

    yo cpt di bhs agr dak ribut warga yg lain kagk tambah jdi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s