Februari, Jalan Lingkar Selatan Jakabaring Dibangun

Posted: 01/03/2011 in Uncategorized
Tags: , , ,

InformasiPagi, Sumsel

Untuk mendukung SEA Games XXVI November nanti dalam hal mengurangi kemacetan, Pemprov Sumsel segera membangun akses Jalan Lingkar Selatan di Kelurahan Silaberanti Kecamatan Seberang Ulu (SU) I, pembangunan akan dimulai Bulan Februari dan ditargetkan rampung pada Mei.
Hal ini terungkap dalam rapat membahas pengamanan/penertiban pembangunan akses Jalan Lingkar Selatan, Water Theme Park dan pembangunan lainnya di Kawasan Jakabaring Palembang, di ruang rapat Asisten I Bidang Pemerintahan Provinsi Sumsel, kemarin Kamis (27/1).
Usai melakukan rapat, Kepala Biro Pemerintahan Provinsi Sumsel, Mulyadin Roham SH MSi mengatakan, pembangunan akses Jalan Lingkar Selatan yang akan dibangun di Kelurahan Silaberanti Kecamatan Seberang Ulu I tersebut, tidak lain untuk mengurangi kemacetan selama kegiatan SEA Games nanti, akses jalannya akan menembus ke GOR Jakabaring dan beberapa titik lain. “Panjang jalan yang akan dibangun 2,6 Kilometer, dengan lebar 15 meter, selain jalan juga akan dibangun tiga jembatan,” jelasnya.
Menurut Mulyadin, pembangunan jalan akan dimulai pada Februari dengan target penyelesaian pada Mei mendatang, pasalnya secara prinsip prosesnya sudah tender dilaksanakan dan tinggal pembangunan. Hanya saja, pihaknya belum dapat memberitahu nominal anggaran yang dibutuhkan untuk pembangunan jalan ini, karena belum dilakukan perincian dana. “Pembangunannya dilakukan bertahap, mulai dari penimbunan dan lainnya, serta tidak ada lagi pembebasan lahan karena berdasarkan data Pemda semua lahan untuk pembangunan jalan sudah dibebaskan melalui proyek reklamasi tahun 1990-1998,” kata dia.
Namun, pihaknya mengaku, masih akan menemui kendala masyarakat yang mengklaim tanah mereka pada pembangunan jalan ini, untuk itulah Pemprov Sumsel bekerjasama unsur Kecamatan, Danramil, Polsek di kawasan tersebut akan melakukan sosialisasi sesegera mungkin. “Kita hanya ingin mempertegas saja, kalau tanah itu sudah dibebaskan,” imbuhnya.
Masih di Kantor Gubernur, Camat SU 1, Thabrani menambahkan, usai rapat pihaknya segera turun ke lapangan untuk melakukan inventarisir masalah di lapangan dalam pembangunan untuk jalan lingkar, water theme park dan pembangunan lainnya. “Kita akan inventarisasi berapa kepala keluarga yang akan dilalui jalan lingkar ini, dan juga untuk mengetahui apa ada warga yang menyanggah tentang kepemilikan tanah, kita akan cek surat tanahnya, karena menurut data pemerintah lahan yang akan dibangun jalan itu sudah dibebaskan,” ujarnya.
Ia menjelaskan, secara umum hanya sedikit bangunan yang akan dilewati jalur pembangunan Jalan Lingkar Selatan tersebut dan mayoritas hamparan lahan. “Jalannya nanti di depan Komplek Dekranasda Jakabaring sampai ke bagian dalam kolam areal renang dan seterusnya,” tutupnya.Agustian Pratama

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s