Fakem Pasok Persediaan Darah PMI

Posted: 01/03/2011 in Uncategorized
Tags: , , , , ,

InformasiPagi, Sumsel

Untuk memasok kebutuhan darah di Palang Merah Indonesia (PMI) Palembang, yang hingga kini masih kekurangan stok darah. Forum Amal Kemanusiaan (Fakem) Palembang Darussalam, mengambil inisiatif menggelar kegiatan donor darah di lingkungan masyarakat, dan sebelum tengah hari kemarin, darah yang terkumpul sudah melebihi target.
Pantauan di lapangan kemarin Minggu (30/1), tampak ratusan masyarakat dari semua kalangan, termasuk kalangan TNI sejak pagi mengikuti aksi sosial donor darah yang digelar di lapangan sebelah Sekretariat Fakem Center di Jalan Demang Lebar Daun. Aksi sosial donor darah kemarin bekerjasama dengan PMI Palembang. Semula Fakem hanya menargetkan 500 kantung darah, namun belum tengah hari kemarin kantung darah yang terkumpul sudah mencapai 556 kantung darah. Hingga pukul 17.00 kemarin donor darah masih berjalan, bahkan disebutkan jumlah kantung darah yang terkumpul kemarin terbanyak dari beberapa kegiatan yang ditangani PMI sebelumnya.
Kegiatan donor darah kemarin, tidak hanya menarik minat para pendonor aktif, namun juga para masyarakat yang baru pertama kali mendonorkan darahnya. “Terus terang, ini pertama kali saya mendonorkan darah saya, alasan saya pertama ingin mengetahui bagaimana mendonor darah, tapi lebih dari itu tidak salahnya kita turut membantu menyumbangkan darah untuk orang-orang yang membutuhkan,” kata Wawan, Warga Komplek Yuka, Sukamaju.
Sementara itu, disela kegiatan donor darah, Ketua Fakem Palembang Darussalam, Ir Sarimuda MT mengatakan, pihaknya termotivasi menggelar donor darah karena beberapa waktu lalu ia pribadi baru masuk rumah sakit dan membutuhkan darah, ternyata stok darah di PMI tidak ada.
“Latarbelakang aksi donor darah ini karena selalu kurangnya stok darah di PMI, karena berdasarkan informasi, PMI membutuhkan darah per hari mencapai 100-150 kantong dan sekitar 3.000-4.000 kantung darah per bulan, sementara persediaan di PMI kurang,” ungkapnya.
Untuk itulah, pihaknya tidak menunggu lama dan segera menggelar aksi donor darah, alhasil animo masyarakat mendonorkan darahnya cukup tinggi. “Dalam kegiatan ini kita tidak memilih siapa yang akan mendonorkan darahnya, kita hanya umumkan saja kepada rekan di kantor dan di lingkungan masyarakat, dan tampaknya antusiasnya cukup luar biasa. Dengan kegiatan ini, paling tidak Fakem Palembang Darussalam dapat memberikan kontribusi kepada masyarakat di Palembang,” ujarnya.
Menurut Sarimuda, Fakem tidak hanya menggelar donor darah, kemarin Fakem juga melakukan fogging di beberapa RT di Palembang, yang memerlukan fogging. “Karena ada yang melapor kepada kita, terkena demam berdarah, makanya kita segera lakukan fogging atau penyemprotan DBD di RT-RT di Palembang, dengan harapan masyarakat tidak terkena DBD atau juga untuk mengurangi jumlah kasus DBD di Palembang,” jelasnya.
Terakhir ia mengatakan, kegiatan sosial yang dilakukan Fakem, baik Fogging, sunatan massal atau pengobatan gratis, semuanya tanpa dipungut biaya, pihaknya hanya ingin memenuhi dan menyentuh kebutuhan masyarakat.Agustian Pratama

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s