Dua Lapas Baru Segera Diresmikan

Posted: 01/03/2011 in Uncategorized
Tags: , , , ,

InformasiPagi, Sumsel

Provinsi Sumsel akan memiliki dua lembaga permasyarakatan (lapas) baru, yaitu Lapas Kelas I Merah Mata Palembang dan Lapas Kelas 2 A Muara Enim, lapas baru akan langsung diresmikan Menteri Hukum dan HAM (Menkumham), Patrialis Akbar pada akhir Januari mendatang.
Kepala Lapas Kelas I A Pakjo, M Ilham Jaya SH MH mengatakan, Menkumham akan melakukan kunjungan kerja di Sumsel pada 31 Januari mendatang, Menkumham juga akan meresmikan Law Center dan beberapa Lembaga Pemasyarakatan (Lapas)/Rumah Tahanan (Rutan) di Palembang seperti Lapas Kelas I Palembang, Rutan kelas I Palembang, Lapas Wanita kelas 2 A Palembang, Lapas Kelas 2 A Muara Enim serta kantor Imigrasi Muara Enim.
”Ada beberapa lapas berganti lokasi, seperti Lapas Kelas I A Pakjo yang nanti akan menjadi Rutan Kelas I A Palembang, sementara Rutan di jalan Merdeka akan berubah menjadi Lapas Wanita kelas 2 A Palembang. Tapi, ada dua lapas baru yakni Lapas Kelas I Merah Mata dan Lapas Kelas 2 A Muara Enim,” jelas dia.
Menurutnya, Lapas baru di Merah Mata sebagai pengganti Lapas Pakjo, memiliki kapasitas 700 orang, para tanahan akan dilakukan pemindahan namun bertahap sekitar 100 tahanan terlebih dahulu, dan tidak akan dilakukan sekaligus, sehingga ditargetkan di akhir Februari mendatang, semua tahanan sudah dipindahkan ke Lapas Merah Mata. ”Untuk Lapas kelas I Pakjo secara bertahap mulai 27 Januari nanti akan pindah ke Merah Mata,” ujarnya.
Perpindahan lapas kelas I Pakjo ke Merah Mata tidak lain karena kapasitas atau daya tampung Lapas Pakjo yang sekarang sudah tidak memadai lagi. Untuk itulah, dengan adanya dua Lapas baru dapat mengurangi kapasitas lapas selama ini menjadi masalah. ”Di Lapas Merah Mata, seluruh infrastruktur penunjang sudah selesai dibangun, dan peresmiannya nanti rencananya dihadiri langsung Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin,” terang dia.
Namun, untuk Lapas Merah Mata ini masih sedikit terkendala masalah air, tapi sudah menjadi catatan saat kunker Menkumham tahun lalu. Pada kunjungannya tahun lalu, Menkumham juga sempat terkejut saat mendapati di Lapas Wanita Pakjo satu tahanan hanya dijatahi 2 ember untuk kebutuhan satu hari.
Sementara itu, Kakanwil Hukum dan HAM Sumsel, Sutarmanto, juga pernah mengakui, kapasitas Lapas Pakjo sudah mencapai 1.000 orang lebih, padahal idealnya Lapas Pakjo menampung 450 orang saja. ”Lapas Pakjo memang sudah over kapasitas, dan sudah layak dipindahkan ke Merah Mata,” katanya singkat.Agustian Pratama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s