Butuh Pergub, Tertibkan Akademi Kesehatan

Posted: 01/03/2011 in Uncategorized
Tags: , , , , ,

InformasiPagi, Sumsel

Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Sumsel membutuhkan Peraturan Gubernur (Pergub), sebagai payung hukum untuk menindaklanjuti keinginan Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin dalam rangka menertibkan akademi kesehatan di Provinsi Sumsel yang tidak memenuhi standar atau yang dinilai tidak layak.
Hal ini diutarakan Kepala Dinkes Provinsi Sumsel, H Zulkarnain Noerdin, melalui Kabid Pelayanan Kesehatan Dinkes Sumsel dr Hj Fenty Aprina. Menurutnya, Gubernur Sumsel beberapa waktu lalu meminta Dinkes Provinsi Sumsel mendata jumlah akper/akbid di Sumsel yang tak layak beroperasi seperti bertempat di ruko, namun pihaknya belum memiliki payung hukum untuk merealisasikannya.
Payung hukum yang dimaksud adalah Pergub, untuk menentukan kriteria akper/akbid yang dinilai tidak layak atau tak standar, dan juga untuk memberikan tindakan kepada akademi kesehatan tersebut.
“Setelah Gubernur memerintahkan, bagian yang membidangi hal ini langsung melakukan rapat, dan rapat menyimpulkan perlu adanya payung hukum berupa Pergub. Karena jika tak memiliki dasar hukum Pergub, kami bisa disalahkan dan digugat pemilik akper/akbid,” kata Fenty kemarin, Rabu (26/1) di Kantornya.
Untuk itulah, dalam waktu dekat pihaknya akan mengajukan surat untuk dikeluarkannya Pergub terkait hal ini, salah satunya menjabarkan tentang kriteria standar akper/akbid yang boleh beroperasional, bangunan yang dinilai layak, fasilitas pendukung dan lainnya.
Sementara itu, Kepala Biro Hukum Pemprov Sumsel Ardani SH MH menjelaskan, Pergub belum dapat dibahas dan dikeluarkan, sebelum satuan perangkat kerja daerah (SKPD) tersebut mengajukannya kepada Gubernur Sumsel. “SKPD-lah yang mengetahui apa yang mereka perlukan, jadi kalau SKPD tersebut perlu adanya Pergub, maka SKPD tersebut dapat mengajukannya ke Gubernur Sumsel langsung, selanjutnya akan ditindaklanjuti,” saran dia.
Seperti diketahui, Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin meminta ada penertiban terhadap akademi kebidanan (Akbid) dan akademi keperawatan (Akper) di Provinsi Sumsel. Gubernur juga berencana merevitalisasi Akbid/Akper bahkan berencana me-merger akper/akbid di Sumsel.
Menurut Gubernur, potensi kerjasama pengiriman tenaga kerja perawat ke Jepang dari Sumsel cukup bagus, sehingga Sumsel harus menyiapkan kualitas tenaga perawat asal Sumsel untuk dikirim ke Jepang dan Negara lainnya.
“Kita akan menertibkan Akper dan Akbid seperti yang bertempat di ruko, karena menurut saya itu tidak masuk akal. Saya sudah minta Diknas dan Dinkes membentuk tim evaluasi untuk meninjau seluruh akper dan akbid di Sumsel yang tidak memenuhi kriteria, kalau ada agar segera memenuhinya dengan tenggang waktu yang ditentukan, jika tidak mampu maka harus ditutup,” tegas Gubernur.
Pasalnya kata Gubernur, tenaga perawat asal Sumsel harus berkualitas dan akademinya harus memenuhi standar, ia kecewa hanya satu orang saja tenaga perawat asal Sumsel berhasil lulus seleksi bekerja di Jepang.
Untuk meningkatkan kualitas calon tenaga perawat di Sumsel, di Palembang akan dibangun Akper baru dan merevitalisasi Politeknik UNSRI, Gubernur juga akan mengisi kurikulum Akper tersebut disesuaikan dengan permintaan Jepang, dan akan disupervisi langsung dari Jepang. Para anak didik di Akper baru nanti akan diajarkan Bahasa Jepang, Arab dan Inggris, sehingga dapat mengisi tenaga kerja di Arab, Ausralia dan Jepang. “Inilah tujuan keberangkatan saya, Insya Allah seminggu lagi kita rapatkan hasilnya dan tahun depan dapat kita mulai,” katanya.
Gubernur mengutarakan, daripada Akper dan Akbid terpencar di kabupaten/kota di Sumsel, maka tidak menutup kemungkinan juga Akper atau Akbid akan dimerger menjadi satu, namun akan dilengkapi fasilitas yang lengkap. “Selain memerlukan perawat yang berpengalaman, Jepang juga membuka peluang kerja perawat yang tidak memerlukan pengalaman kerja dua tahun tapi fresh graduate bisa langsung kerja, Jepang memerlukan tenaga perawat care walker yaitu perawat yang bekerja di rumah panti jompo,” jelasnya. Agustian Pratama

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s