BLH Sumsel Panggil Pemilik Usaha Sekitar Kambang Iwak

Posted: 01/03/2011 in Uncategorized
Tags: , , ,

InformasiPagi, Sumsel

Terkait hasil temuan Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Palembang, tentang adanya limbah yang mencemari air dan saluran Kambang Iwak, yang bersumber dari pemilik usaha sekitaran kawasan Kambang Iwak. Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Pemprov Sumsel) melalui BLH Provinsi Sumsel akan memanggil para pemilik usaha untuk memecahkan permasalahan ini.
Demikian dikatakan Kepala BLH Provinsi Sumsel, Ahmad Najib, diwawancara di Kantor Gubernur Rabu (26/1). Najib mengatakan, dalam waktu dekat pihaknya akan melakukan pemanggilan melalui pelayangan surat resmi, kepada para pemilik usaha di seputaran Kambang Iwak, seperti rumah makan, hotel dan pemilik usaha lainnya, yang diduga limbah usahanya mencemari kolam retensi Kambang Iwak.
“Kita akan berkoordinasi dengan BLH Kota Palembang terkait hal ini, kita akan pangil semua pemilik usaha di seputaran Kambang Iwak, untuk mengajak duduk bersama membahas masalah ini, sehingga dapat dicarikan solusi pemecahannya, agar ke depan tidak lagi terjadi pencemaran air Kambang Iwak,” kata Najib.
Lebih lanjut sambung dia, setelah dilakukan rapat bersama antara BLH dan pemilik usaha nantinya, akan disimpulkan satu persepsi dan solusi terbaik, sehingga tidak ada lagi antara pihak satu dan lain saling salah, namun diharapkan dapat menyikapi hal ini secara dewasa dan secara bersama-sama untuk mengatasinya.
Najib juga meminta, berbagai pihak termasuk media massa, tidak terlalu membesar-besarkan serta memvonis salah satu tempat usaha karena adanya pencemaran Kambang Iwak ini, terlebih menyebutkan dengan tercemarnya air Kambang Iwak dapat berdampak bahaya terhadap makhluk hidup di dalamnya. “Jangan terlalu berlebihan lah,” pinta dia.
Seperti diketahui sebelumnya, BLH Palembang telah mengambil tujuh sample air di kawasan Kambang Iwak, dan dari hasil uji laboratorium air di saluran tersebut mengandung biological oxygen demand (BOD) dalam kadar cukup tinggi. Akibat pencemaran tersebut, air di Kambang Iwak dinilai dapat memengaruhi kehidupan mahkluk air.Agustian Pratama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s