Asumsi Kebutuhan Kendaraan SEA Games 857 Unit

Posted: 01/03/2011 in Uncategorized
Tags: , , , , , , , ,

InformasiPagi, Sumsel

Untuk menyukseskan kegiatan South East Asian (SEA) Games XXVI di Sumsel pada November mendatang, khususnya di bidang transportasi, dibutuhkan sekitar 857 unit kendaraan, untuk transportasi para tamu selama kegiatan berlangsung.
Hal ini terungkap dalam rapat lanjutan panitia SEA Games XXVI Bidang Deputi III di Ruang Rapat Bina Praja Provinsi Sumsel, Rabu (26/1). Rapat dipimpin langsung Ketua Deputi III Panitia SEA Games yang juga Wakapolda Sumsel, Brigjend Pol Torkis P Siahaan, didampingi Kaban Kesbangpol Linmas Sumsel, Ikhwanuddin, Asisten I Bidang Pemerintahan Provinsi Sumsel, H Mukti Sulaiman, dihadiri unsur terkait, mulai dari Dirlantas, Polda, TNI, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan dan lainnya yang tergabung dalam Bidang Deputi III.
Dalam rapat, Ketua Bidang Transportasi Kepanitiaan SEA Games XXVI, Kombes Pol Firman Shantya Budi menjelaskan, hasil rapat koordinasi internal Bidang Transportasi Kepanitiaan SEA Games XXVI, jumlah kebutuhan kendaraan yang digunakan untuk transportasi atlit, official, wasit, tamu Negara dan lainnya selama SEA Games diasumsikan sekitar 857 unit kendaraan, baik bus, minibus dan jenis mobil pribadi.
“Jumlah kendaraan yang dibutuhkan untuk SEA Games nanti, kita asumsikan sebanyak 857 unit kendaraan, seperti kendaraan untuk setiap cabang olahraga sebanyak 30 unit, untuk kendaraan untuk team sekitar 32 unit, untuk tamu Negara 80 unit dan lainnya,” kata Dirlantas Polda Sumsel ini.
Ia menyarankan, idealnya setiap Negara disediakan sekitar 65 unit kendaraan, demi kenyamanan para tamu Negara agar kendaraan yang diperuntukkan setiap Negara juga dipisah. Disanrankan juga ada perwakilan panitia SEA Games untuk menangani setiap Negara. “Jumlah 857 unit kendaraan itu baru asumsi kami, jumlahnya dapat berubah, karena kita masih menunggu kepastian jumlah tamu yang akan datang seperti wasit, atlit dan lainnya, itu KONI yang mengetahuinya,” ujarnya.
Firman juga meminta meminta agar ada lokasi khusus untuk mengakomodir dan menampung kendaraan-kendaraan SEA Games ini, sehingga usai menjemput atau mengantar para tamu Negara nanti, dapat kembali stand by di tempat yang disediakan. Pihaknya menawarkan beberapa alternatif seperti halaman Gedung DPRD Sumsel, Lapangan Parkir Bumi Sriwijaya atau lainnya.
“Selama SEA Games nanti, jajaran Dirlantas juga menangani bidang keamanan seperti sub bagian pengawalan dan pengamanan jalur, bahkan jika kita kekurangan personel atau kendaraan, kita akan meminta bantuan ke Mabes Polri tapi tetap di bawah satu koordinasi,” ujarnya.
Sementara itu, Asisten I Bidang Pemerintahan Provinsi Sumsel, H Mukti Sulaiman menambahkan, jika memang dibutuhkan banyak kendaraan, maka Pemprov Sumsel akan berkoordinasi dengan pemerintah kabupaten/kota untuk menyiapkan kendaraan, dengan catatan kendaraan yang layak untuk setingkat tamu Negara.
Sedangkan, Wakil Ketua Bidang ESDM dari Deputi III panitia besar SEA Games XXVI, Letkol CAZ Hermon, mengatakan, pihaknya juga menangani persoalan honor para petugas selama SEA Games, namun pihaknya menilai standar honor yang ditentukan pihak KONI Pusat tidak sesuai dengan kebutuhan layak di Palembang, dan ada honor yang disamakan padahal bidang pekerjaan yang berbeda.
Mengenai honor panitia ini, Ketua Deputi III, Brigjen Pol Torkis P, meminta Bidang ESDM Panitia SEA Games dapat membuat satu konsep perhitungan ajuan honor lagi di luar ajuan honor standar KONI jika memang dinilai belum layak, yang kemudian untuk diajukan ke Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin sebagai penasehat.Agustian Pratama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s