Pemprov Sumsel Tunggu Investasi Elektronika

Posted: 23/02/2011 in Uncategorized
Tags: , , , , ,

InformasiPagi, Sumsel

Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Pemprov Sumsel) kini menunggu datangnya investasi bidang elektronika ke Provinsi Sumsel, investasi bidang elektronika ini menyusul berhasilnya Sumsel mendatangkan investor bidang batubara dan lainnya ke Sumsel. Investasi dibidang elektronika dinilai juga sangat prospektif di Sumsel.
Kepala Badan Penanaman Modal Daerah (BPMD) Provinsi Sumsel, Ir Permana mengatakan, pada 2011 ini Pemprov Sumsel melalui BPMD Sumsel tengah menjajaki kerjasama industri bidang elektronika, dan menunggu investor-investor yang berminat menanamkan investasinya bidang elektronika.
Upaya yang dilakukannya untuk menggaet investor tersebut, dengan melakukan promosi serta komunikasi dengan berbagai investor, baik dari Asia atau Eropa. Karena menurutnya, Sumsel berpeluang membuat pabrik elektronika lokasi Sumsel yang cukup strategis dan dapat menjadi sentra pabrik perakit elektronik wilayah bagian barat. Apalagi Sumsel akan ditunjang dengan kawasan ekonomi khusus (KEK) di Tanjung Api-api, yang menjadi sentra industri dan perdagangan.
“Saya sedang menjajaki industri elektronika, produknya yang dihasilkan kecil-kecil seperti pembuatan IC, Transistor dan lainnya, bidang elektronika ini bisa dilakukan di Sumsel dan masih memungkinkan, begitu juga dengan cost-nya tidak terlalu besar,” kata Permana, Sabtu (22/1).
Menurutnya, sumber daya manusia (SDM) di Sumsel juga tidak sedikit yang memiliki kompetensi bidang elektronika, sehingga untuk SDM ini tidak perlu dikhawatirkan.
Selain itu, mengenai rencana pembangunan pabrik Adidas di Sumsel, Permana mengatakan, rencana tersebut memang ada, investornya merupakan investor asing namun sampai sekarang masih dalam tahap proses.
”Karena kembali masalah bahan bakunya, konsumen itukan ada di Jawa, dan dalam hukum ekonomi pabrik berorientasi mendekati konsumen, jadi kalau pabrik ada di sini konsumen di Jawa maka cost-nya sangat berat, baik cost pembuatan pabrik maupun cost ongkos untuk angkut yang paling besar, itulah kendala kita,” kata Permana.
Terakhir Permana mengutarakan, pada 2011 ini pihaknya akan berusaha semaksimal mungkin mencapai target investasi dari berbagai bidang, karena pada tahun 2011 ini target investasi dinaikkan, yang pada 2010 lalu sebesar Rp6,2 T di 2011 ini naik menjadi Rp9,7 T. “Tren investasi di Sumsel pada 2010 kemaren naik, jadi di 2011 kita coba naikkan dan mudah-mudahan target ini bisa tercapai,” harap Permana.
agustian pratama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s