Proyek Layanan Internet Telkomsel Diduga Fiktif

Posted: 19/02/2011 in Uncategorized
Tags: , , , , , ,

InformasiPagi, Sumsel

Proyek penyediaan jasa akses telekomunikasi dan informatika pedesaan KPU/USO, yang dipercayakan ke pihak Telkomsel oleh Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kemen Kominfo) RI melalui Direktorat Jenderal Postel, tampaknya tidak berjalan maksimal dan terindikasi fiktif. Dari target 1.752 titik layanan yang direncanakan untuk Sumsel, setelah ditinjau ke lapangan pada Agustus 2010 hanya ada sekitar 600 titik yang terealisasi.
Demikian diungkapkan, salah satu narasumber yang tidak mau ditulis namanya kepada BeritaPagi kemarin, Senin (17/1). Menurutnya, program penyediaan jasa akses telekomunikasi dan informatika pedesaan, yang dilaksanakan Telkomsel terindikasi fiktif.
Pasalnya dari data realisasi pelaksanaan program tersebut pihak PT Telkomsel Regional II Sumbagsel Demang Lebar Daun Palembang di Bulan Februari 2010, yang terdapat pada materi seminar yang digelar Dishub Kominfo Sumsel pada tanggal 14 Oktober 2010 lalu di Hotel Jayakarta Daira tentang program tersebut. Telkomsel mengungkapkan proyek sudah direalisasikan sekitar 1.385 titik dari jatah sebanyak 1.752 desa di Provinsi Sumsel.
Sebanyak 1.385 titik tersebut terdiri dari Kabupaten Banyuasin 120 titik, Lahat 287 titik, Lubuk Linggau 21 titik, Muara Enim 156 titik, Muba 89 titik, Mura 164 titik, Ogan Ilir 93 titik, OKI 123 titik, OKU 67 titik, OKUS 131 titik, OKUT 77 titik, Pagaralam 46 titik, Prabumulih 9 titik dan Palembang Timur 2 titik.
Namun, saat dimonitor di lapangan pada Bulan Agustus, ternyata realisasinya banyak yang hanya papan nama saja dan jaringan internetnya tidak terpasang atau hanya sekitar 600 titik hingga penghujung tahun 2010. “Realisasinya tidak tercapai, banyak yang hanya papan nama dan alat internetnya tidak ada, bahkan ada peralatan yang dititipkan ke rumah Kepala Desa, padahal proyeknya itu mencapai Rp1 Triliun lebih,” ungkap sumber tersebut.
Terpisah, BeritaPagi mencoba menyamakan data ini dengan pihak Dishub Kominfo Provinsi Sumsel, Kadishub Kominfo Sumsel, Ir Sarimuda MT melalui Kabid Pos dan Telekomunikasi, H Syarifuddin menjelaskan, pihaknya memang pernah menyelenggarakan seminar di Jayakarta Daira pada akhir 2010 lalu, terkait dukungan pemerintah daerah dalam penyediaan layanan telekomunikasi dan internet kecamatan di wilayah pelayanan universal telekomunikasi (WPUT).
Program tersebut sehubungan dengan komitmen pemerintah dalam rangka pemetaan pembangunan di bidang telekomunikasi khususnya di wilayah-wilayah tertinggal, perintisan, pedesaan, perbatasan dan wilayah-wilayah terpencil, yang bertujuan untuk membuka keterisolasian wilayah, sedangkan wilayah Sumsel wilayah-wilayahnya terdiri dari wilayah pedesaan dan wilayah terpencil, maka program penyediaan jasa akses telekomunikasi dan informatika pedesaan itu memang dipandang perlu dilakukan.
Ia menjabarkan, jumlah desa yang perlu dilalui akses telekomunikasi dan informatika pedesaan itu sebanyak 1.752 desa di Sumsel, Depkominfo melalui Dirjen Postel cq Balai Telekomunikasi dan informatika pedesaan, melalui proses lelang terbuka menetapkan PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) sebagai penyedia jasa akses telekomunikasi dan informatika pedesaan KPU/USO telah direalisasikan sebanyak 1.385 desa, sedangkan berdasarkan hasil proses lelang sebanyak 1.752 desa di Provinsi Sumsel.
Namun pihaknya mengaku, tidak mengetahui adanya program Telkomsel itu di Sumsel, pada awalnya pihak Kementrian memiliki program tersebut dan bekerjasama dengan pihak Telkomsel, tiba-tiba saja program itu sudah sampai ke Sumsel.
“Program ini baru kita ketahui ketika Menteri memberi tahu kami melalui surat tembusan pemberitahuan yang meminta bantuan penyediaan jasa akses telekomunikasi dan informatika perdesaan dapat berjalan baik dan lancar, dengan memberikan dukungan penuh. Pihak Telkomsel juga harusnya sebelum menjalankan proyek berkoordinasi dengan kita selaku pengelola wilayah, karena Menteri sudah memberikan tembusan program tersebut ke Dishub Kominfo Provinsi Sumsel,” jelasnya.agustian pratama

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s