Gubernur Bangun Rumah Limas di Mesir

Posted: 19/02/2011 in Uncategorized
Tags: , , , , ,

InformasiPagi, Sumsel

Ada rumah limas di Kairo Mesir, rumah limas tersebut dibuat sebagai sentra aktifitas mahasiswa asal Provinsi Sumsel di Kairo khususnya yang belajar di Universitas Al Azhar. Selain sentra aktifitas, Rumah Limas juga menjadi tempat singgah khususnya bagi mahasiswa
S1 hingga S3.
Menurut Pengurus Keluarga Masyarakat Sumatera Selatan (KEMASS) Kairo-Republik Arab Mesir, yang juga Ketua Panitia Pengadaan Rumah Dinas (PPRD) H Muhammad Siddiq Lc, H Muhammad Sidik mengatakan, Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin memberikan bantuan Rp3,8 Miliar kepada KEMASS untuk membeli dan merenovasi rumah di Kairo-Mesir, rumah tersebut dibuat seperti rumah limas.
“Rumah ini untuk para mahasiswa yang berasal dari Sumsel yang sedang belajar di Kairo-Mesir khususnya di Al Azhar, kita ada organisasi di sana namanya KEMASS,” katanya usai melakukan pertemuan dengan Gubernur, di Kantor Gubernur, Selasa (18/1), dalam rangka melaporkan telah terlaksananya proses renovasi pembangunan Rumah Daerah Mahasiswa Sumsel di Kairo Mesir.
Ia menjelaskan, yang tinggal di rumah limas ini nantinya mayoritas mahasiwa karena 99 persen mahasiswi telah tinggal di asrama yang disediakan Al Azhar. Fungsinya rumah limas ini sendiri banyak sekali, dari segi akademis itu penunjang, karena ada bimbingan belajar, dialog, diskusi, menjadi sentral tempat berkumpul dan lainnya.
“Rumah ini akan sangat membantu dan bermanfaat bagi masyarakat Sumsel di sana, karena teman-teman kita yang baru datang ke Kairo tentu belum ada rumah, rumah itulah yang jadi tempat pertama mereka. Begitu juga jika nanti ada salah satu keluarga KEMASS yang punya masalah seperti diusir tuan rumah, maka rumah ini akan menjadi tempat yang aman dan tempat mengadu mereka,” jelasnya.
Ia memaparkan, rumah yang dibeli dan direnovasi tersebut berada di district 10-Nars City Kairo Blok 20 No 21 dilengkapi dengan tiga lantai, terdapat auditorium berkapasitas 350 orang, satu ruang tamu, ruang sekretariat, ruang olahraga, ruang tunggu, perpustakaan, gudang, enam unit kamar tidur lengkap dengan kamar mandi dan lainnya. Satu flat rumah luasnya 220 meter per segi.
“Jumlah mahasiswa asal Sumsel di Kairo-Mesir mencapai lebih dari 180 mahasiswa/mahasiswi, itu belum termasuk jumlah mahasiswa baru yang datang. Mereka mayoritas belajar di Al Azhar, karena orang kita yang rata-rata ke sana untuk belajar agama,” ujarnya.
Untuk itulah, dengan rampungnya pembangunan dan renovasi rumah tersebut, pihaknya melaporkan kepada Gubernur dan mengundang untuk meresmikannya. Namun, mengenai waktu peresmian oleh Gubernur masih akan dibahas dan ditentukan pihak Pemprov Sumsel lebih lanjut, kemungkinan akan diadakan sebelum SEA Games XXVI November nanti atau setelah SEA Games.
“Opsi dari kami Maret akan diresmikan langsung oleh Gubernur, tapi dalam waktu dekat pak Gubernur masih sibuk, jadi masalah waktu ini kita serahkan ke pihak Pemprov Sumsel, tapi besar harapan kami Gubernur lansung yang meresmikan. Karena disamping peresmian Rumah Limas tersebut, nanti Gubernur akan melakukan pertemuan dengan mahasiswa Indonesia, untuk menceritakan Sumsel dan program yang telah sukses dijalankan,” pungkasnya.
Sementara itu, Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin sendiri mengatakan, KEMASS menyampaikan telah terlaksananya proses renovasi pembangunan Rumah Daerah Mahasiswa Sumsel di Kairo Mesir, pembangunan dan renovasi tersebut sumber dananya dari dana hibah Pemprov Sumsel yang sekitar Rp3,8 Miliar.
“Rumahnya sekarang sudah rampung, tinggal diresmikan, untuk waktunya kalau ingin formal dapat dilaksanakan sebelum SEA Games, tapi kalau sesudah SEA Games akan lebih enak, tapi ini masih akan dibicarakan lebih lanjut, kita atur nanti,” katanya.agustian pratama

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s