Sumsel Provinsi Pertama Selenggarakan PUIC di Indonesia

Posted: 16/02/2011 in Uncategorized
Tags: , , , , , ,


– Tuan Rumah PUIC, Sumsel Diminta Siapkan Nuansa Islami
– 2012, Sebanyak 51 Negara Konferensi di Sumsel

InformasiPagi, Sumsel

Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) menjadi provinsi pertama di Indonesia yang menyelenggarakan pelaksanaan konferensi ke-7 dan sidang council ke-12 Parliementary Union of The OIC Member States (PUIC), acara tersebut akan dihadiri 51 Negara anggota Organisasi Konferensi Islam (OKI) dan diadakan pada tanggal 24-31 Januari 2012 mendatang. Persiapan Sumsel harus matang dan juga diminta bernuansa islami.
Pernyataan ini dilontarkan Ketua DPR RI Marzuki Alie, pada rapat persiapan penyelenggaraan konferensi dan sidang council ke-12 PUIC di Ruang Rapat Bina Praja Sumsel kemarin, Kamis (13/1). Menurut Marzuki, diadakannya kegiatan PUIC di Sumsel-Palembang pada 2012 nanti, merupakan sejarah pertama bagi Bangsa Indonesia, karena merupakan kali pertama Indonesia menjadi tuan rumah PUIC.
”Biasanya event internasional dilakukan di Jakarta atau Bali, tapi sekarang Sumsel merupakan satu-satunya daerah di Indonesia yang dipilih menjadi tempat berlangsungnya kegiatan ini, dan kebetulan saya dipercaya menjadi Presiden Parlemennya untuk 2012-2015,” kata Marzuki.
Ia mengaku optimis Provinsi Sumsel akan siap dan dapat menjadi tuan rumah yang baik pada pelaksanaan PUIC tahun 2012 mendatang, pasalnya infrastruktur pendukung event internasional sudah dimiliki Sumsel seperti hotel berbintang dan lainnya. Bahkan, ia akan mempertimbangkan tawaran Gubernur Sumsel, agar kegiatan dilaksanakan di Palembang Sport and Convention Center (PSCC) Hotel dan Town Square Jalan POM IX Palembang.
Untuk itulah ia meminta agar persiapan Sumsel tuan rumah PUIC harus dimatangkan, mulai dari parkir pesawat di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang, penginapan tamu dan lainnya. ”Para tamu Negara yang akan datang itu setingkat raja dan Presiden sehingga harus disiapkan dengan baik, nanti banyak tamu undangan membawa pesawat pribadi, seperti dari Arab dan Negara lainnya. Acaranya nanti juga harus bernuansa islami, karena para tamu semuanya dari Negara Islam, baik dari saat menyambut, tempat makan, tarian, tempat wisata Islam dan lainnya jangan sampai keluar dari konteks Islam. Karena 51 Negara yang datang adalah anggota Organisasi Konferensi Islam,” ujarnya.
Sementara itu, Ketua Badan Kerjasama Antar Parlemen (BKSAP), M Hidayat Nur Wahid mengatakan, berdasarkan jadwal, konferensi ke-7 PUIC akan dilaksanakan dua hari, konferensi ini merupakan forum tertinggi PUIC. Untuk sidang standing committe dilakukan selama tiga hari, dengan agenda membahas masalah, wanita, agama, politik dan ekonomi. ”Dalam perencanaan, konferensi ke-7 dan sidang council ke-12 PUIC akan dibuka langsung Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, karena dihadiri 51 Negara anggota OKI,” katanya singkat.
Sedangkan Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin sendiri mengatakan, Provinsi Sumsel mendapatkan kehormatan, karena dipercaya menjadi tuan rumah kegiatan internasional yang pertama dilakukan di Indonesia. Gubernur juga yakin Sumsel akan siap menyelenggarakan PUIC tahun 2012 mendatang, pasalnya sebelum PUIC Sumsel akan menggelar kegiatan olahraga Asia Tenggara SEA Games November 2011 ini.
”Tahun ini Sumsel menjadi tuan rumah SEA Games XXVI, tamu yang akan datang ke Sumsel mencapai 10 ribu orang lebih termasuk dari Negara ASEAN, SEA Games ini uji coba kami di event internasional, jika sukses maka kami yakin pelaksanaan PUIC di Sumsel juga akan sukses, karena tamu yang akan datang di PUIC hanya sekitar 1.000 orang,” kata Gubernur.
Sekali lagi, tak lupa Gubernur Alex menyampaikan ucapan terima kasih kepada Ketua DPR RI, Ketua BKSAP beserta anggotanya yang memberikan kepercayaan Provinsi Sumsel menjadi tuan rumah PUIC. Sumsel bertekad menjadi tuan rumah yang baik, dan mempersiapkan segala sesuatunya agar kegiatan tersebut sukses mulai dari penginapan, lokasi hingga tempat wisata.
Rapat kemarin, selain dihadiri Gubernur Sumsel, Ketua DPR RI, Ketua BKSAP beserta rombongan, juga dihadiri Kapolda Sumsel Irjen Pol Hasyim Irianto, unsur muspida Provinsi Sumsel, unsur Pemko Palembang dan undangan penting lainnya.agustian pratama

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s