Security Officer SEA Games Orang Pilihan

Posted: 16/02/2011 in Uncategorized
Tags: , ,

InformasiPagi, Sumsel

Pengamanan kegiatan South East Asian (SEA) Games XXVI di Sumsel pada November mendatang menjadi perhatian khusus, seperti untuk security officer SEA Games nanti, akan dipilih personel yang memiliki kemampuan berbahasa Inggris dan juga kemampuan menembak.
Demikian terungkap dalam rapat koordinasi lingkup deputi III penyelenggaraan SEA Games XXVI 2011, di Ruang Rapat Bina Praja Sumsel kemarin, Jumat (14/1). Rapat dipimpin langsung Ketua Deputi III, yang merupakan Wakapolda Sumsel, Brigjend Pol Torkis P Siahaan, dihadiri Asisten III Bidang Kesejahteraan Rakyat Provinsi Sumsel, dr H Aidit Aziz, para ketua bidang deputi III seperti Kapolresta Palembang, Kombes Pol Cahyo Budisiswanto, Asisten Kodam II Sriwijaya dan undangan penting lainnya.
Ketua Deputi III penyelenggaraan SEA Games, yang juga Wakapolda Sumsel, Brigjend Pol Torkis P Siahaan mengatakan, Bidang Deputi III penyelenggaraan SEA Games membawahi empat bidang, seperti bidang keamanan, koordinasi protokoler, tranportasi dan bidang upacara. Setiap bidang sendiri memiliki empat seksi terdiri para ketua dan anggotanya.
Menurutnya, hasil rapat awal kemarin memutuskan untuk bidang keamanan akan ditambah dua seksi, yaitu seksi Security officer (SO) dan seksi pengamanan wisma atlet. Orang-orang yang ditempatkan di dua seksi ini adalah orang-orang pilihan. “Mereka harus memiliki kemampuan berbahasa Inggris dan juga menembak, tapi jumlahnya belum kita bahas mungkin sekitar satu atau dua orang, yang jelas mereka
dari satuan Intelkam baik Polda atau Kodam II,” jelas dia.
Usai rapat kemarin, para kepala bidang dan seksi akan menindaklanjutinya dengan melakukan rapat lanjutan, dan menyusun petunjuk pelaksanaan teknis lapangan sementara, kemudian memilih para anggota bidang dan seksinya sesuai prosedur, serta memrioritaskan yang memilki kemapuan berbahas inggris dan tembak, termasuk juga menghitung kebutuhan anggaran sementara.
”Untuk bidang lain, seperti bidang koordinasi protokoler, tranportasi dan bidang upacara, juga agar membuat petunjuk pelaksanaan dan anggaran sementara. Jika semua telah siap, pada rapat selanjutnya akan dimatangkan lagi,” jelasnya.
Sementara itu masih di Kantor Gubernur, Asisten III Bidang Kesejahteraan Rakyat Provinsi Sumsel, dr H Aidit Aziz menjelaskan, masalah pengamanan khususnya pengamanan lokal merupakan hal terpenting, jika semua persiapan dan koordinasi baik bidang pengamanan dan bidang lainnya sudah rampung maka dapat langsung dikoordinasikan dengan panita pusat.
“Persiapan harus maksimal, karena ini event internasional yang dihadiri 11 peserta SEA Games, ditambah sekitar 15 kepala daerah setingkat presiden dan perdana menteri yang akan hadir. Pada pelaksanaannya nanti, para panitia agar bekerja sesuai tugas masing-masing, bagi yang tidak berwenang masuk ke rumah atlet atau berada di area VIP jangan ke sana karena akan ditolak,” pungkasnya.agustian pratama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s