SEA Games Butuh Tambahan Listrik 35 MW

Posted: 16/02/2011 in Uncategorized
Tags: , , ,

– Pembangkit Listrik Talang Duku Pasok 60 MW Untuk SEA Games

InformasiPagi, Sumsel

Kegiatan South East Asian (SEA) Games XXVI di Palembang- Sumsel November mendatang diharapkan bebas byarpet, PT PLN (Persero) WS2JB, akan menambah pasokan listrik dari pembangkit Talang Duku sebesar 35 MW untuk menstabilkan listrik di Palembang. Kebutuhan tambahan pasokan listrik saat SEA Games nanti diperkirakan sekitar 30-35 MW.
Demikian diungkapkan, General Manager PT PLN (Persero) WS2JB, Nandi Ranadireksa, usai melakukan pertemuan dengan Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin di Kantor Gubernur, Senin (17/1), dalam rangka Pameran Kelistrikan Indonesia Barat Tahun 2011.
Menurut Nandi, pasokan listrik untuk Sumsel adalah paling stabil di seluruh Sumatera, beban puncak di Palembang saja kira-kira hampir 300 MW dan itu sudah dipasok dari Lampung, Sumatera Tengah dan Sumatera Utara. Pihaknya menjamin listrik untuk SEA Games nanti aman, karena akan ada tambahan 60 MW dari pembangkit di Talang Duku untuk menstabilkan listrik di Palembang.
“Kebutuhan tambahan listrik untuk SEA Games nanti sudah kita perhitungkan yang diperkirakan butuh tambahan sekitar 30-35 MW, jadi tidak hanya dibantu pembangkit dari Talang Duku, tapi juga sistem interkoneksi Sumatera akan mengamankan, termasuk juga penyulang khusus memasok baik ke GOR Sriwijaya maupaun Jakabaring,” janjinya.
Pihaknya berharap pada Juni nanti pembangkit di Simpang Belimbing sebesar 2×113,5 MW akan memberikan kontribusi untuk stabilisasi sistem di Sumsel, bahkan jika PLTG Jakabaring 4×7 MW yang dibangun pihak ketiga kerjasama Pemprov Sumsel tersebut off pihaknya akan siap mengamankan.
Disinggung mengenai pertemuan dengan Gubernur kemarin, ia menjelaskan, pihaknya akan mengadakan pameran kelistrikan Indonesia Barat pada 31 Maret – 3 April mendatang di Hotel Aryaduta yang akan dihadiri 80 peserta dari luar dan dalam negeri. “Kita harap pak Gubernur yang membuka pameran tersebut,” katanya.
Pameran kelistrikan tersebut sambung dia, bertujuan memperlihatkan ke masyarakat umum bahwa teknologi kelistrikan sudah sedemikian maju, sekaligus mengajak semua lapisan baik dunia pendidikan, dunia teknologi sampai industri untuk membangun khususnya Indonesia Barat. “Event ini diadakan di Palembang, karena Palembang kota yang layak jual, dalam rangka menghadapi SEA Games, ini juga sasaran antara untuk memperkuat posisi Palembang umumnya Sumsel,” kata dia.
Sementara itu, mengenai pameran kelistrikan sendiri, Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin sendiri meminta, pameran tersebut dikelola secara profesional, tidak hanya menjual barang namun juga meningkatkan sumberdaya energi. Artinya, tidak hanya menjual row material saja namun juga ada nilai tambah lain sehingga end produknya itu dapat bernilai lebih tinggi dari hanya sekedar row material saja.agustian pratama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s