Perusahaan Jasa Boga Lokal Diberdayakan Untuk SEA Games

Posted: 16/02/2011 in Uncategorized
Tags: , , , , ,

Penyelenggara Konsumsi Selama Harus Profesional

InformasiPagi, Sumsel

Sebagai tuan rumah SEA Games XXVI November nanti, Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) khususnya Kota Palembang harus secara matang mempersiapkan segala sesuatunya, termasuk bidang konsumsi. Perusahaan jasa boga yang menangani makanan untuk atlet, official disyaratkan pernah menangani kegiatan internasional. Perusahaan jasa boga lokal juga akan diberdayakan.
Menurut, Panitia Seksi Konsumsi SEA Games, yang juga Ketua TP PKK Sumsel, Hj Eliza Alex Noerdin, mengatakan, untuk SEA Games nanti pihaknya akan mencari perusahaan jasa boga yang sudah berpengalaman menangani konsumsi kegiatan skala internasional. Karena, konsumsi selama SEA Games apalagi untuk para atlet dan official harus benar-benar diperhatikan dan dijaga kualitasnya.
“Konsumsinya harus istimewa, jenis makanannya harus diperhatikan dan dijaga, karena itu makanan untuk atlit dan official,” pinta Eliza, usai melakukan pertemuan antara Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin, Pengurus Dewan Pimpinan Provinsi Asosiasi Perusahaan Jasa Boga Indonesia (APJI) Sumatera Selatan, dalam mendukung dan mensukseskan pelaksanaan Sea Games XXVI Tahun 2011, di Kantor Gubernur, Senin (17/1).
Eliza mengatakan, dalam menangani konsumsi kegiatan SEA Games nanti, perusahaan jasa boga lokal (Sumsel-red) tidak akan dilupakan dan akan diturutsertakan, khususnya untuk menangani konsumsi petugas keamanan dan lainnya. “Mengenai konsumsi ini harus tetap dalam satu koordinasi, karena kualitas, kuantitas dan waktu yang tepat harus diperhatikan, semuanya harus profesional karena kita kan tuan rumah,” kata Eliza.
Ditanya mengenai APJI Sumsel yang menghadap Gubernur dan menyatakan kesiapannya terlibat dalam SEA Games nanti, Eliza menjelaskan, APJI memang menyatakan ingin ikut berpartisipasi dalam penyiapan makanan para atlet official, atlet dan yang ada kaitannya dengan SEA Games nanti. “Mereka baru melakukan presentasi menyampaikan pengalaman dan lainnya, juga menyampaikan kesanggupan menangani konsumsi SEA Games. Mereka sudah standar internasional, tapi kita belum mengetahui hasilnya bagaimana,” ujarnya.
Eliza juga belum mengetahui menu apa saja yang akan disajikan selama SEA Games, begitu juga jumlah perusahaan jasa boga yang akan terlibat, karena akan ada rapat lanjutan membahas mengenai konsumsi SEA Games ini.
Sementara itu, Presiden APJI, RA Hj Ning Sudjito mengatakan, pihaknya sudah memiliki banyak pengalaman menyajikan makanan dan minuman pada event nasional bahkan internasional yang diadakan di Indonesia, seperti di acara APEC, PON XVII Kaltim, berbagai event olahraga kejuaraan dunia dan lainnya.
Menurutnya, APJI dalam menangani konsumsi kegiatan selalu mengacu kepada Keputusan Menteri Kesehatan RI No 7153, tentang makanan dan minuman karena harus benar-benar higeines, begitu juga dengan sanitasi serta keamanan pangan harus diprioritaskan. Sehingga pihaknya menjamin konsumsi yang disajikan APJI akan aman dan sesuai standar kesehatan.
“Konsep menu makanan yang akan disajikan nanti dari aneka nusantara, asia, asia timur dan Australia, untuk jenisnya akan dibahas lebih lanjut, karena ini baru pertemuan awal, kalau kita sudah resmi tandatangan kontrak di depan notaris, baru kita matangkan lagi persiapannya termasuk mengenai pembiayaan,” jelas dia.
Ia mengaku, jika dipercayakan menangani konsumsi SEA Games, pihaknya akan menggunakan jasa catering-catering lokal dari 15 kabupaten/kota di Sumsel, dan yang jelas berdasarkan aturan tidak akan didatangkan koki dari Negara asal peserta SEA Games. “Konsep pembuatan makanan dan minuman bagi atlet, official, tamu SEA Games dan lainnya nanti harus sama,” pungkasnya.agustian pratama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s