Pelebaran Jalan Kol H Barlian Masih Terkendala

Posted: 16/02/2011 in Uncategorized
Tags: , , , , , , ,

– Pemasangan Tiang Listrik Terkendala Lahan Warga
– Pelebaran Jalan Kol H Barlian Belum Berjalan Mulus

InformasiPagi, Sumsel

Pelebaran Jalan Kolonel H Barlian tampaknya belum berjalan mulus, salah satunya dari pihak PT PLN (Persero) Cabang Palembang yang belum dapat memasang tiang listrik baru untuk menggeser tiang listrik lama ke posisi baru. Pasalnya warga pemilik lahan keberatan lahannya digali untuk pemasangan tiang listrik baru, dengan alasan belum diganti rugi.
Menurut Asisten Manager Distribusi PT PLN (Persero) Cabang Palembang Joko Suripto, saat ini pihaknya belum dapat memasang jaringan listrik dalam rangka pemindahan tiang listrik terkait pelebaran Jalan Kolonel H Barlian, padahal pihaknya sudah mulai mendatangkan dan menempatkan tiang beton listrik tersebut di Jalan Kol H Barlian.
Ia menjelaskan, belum dipasangnya tiang dan jaringan listrik tersebut akibat beberapa warga pemilik tanah yang masih keberatan lahannya digali untuk pemasangan tiang, dengan alasan belum menerima uang ganti rugi. Sehingga pihaknya dengan tim terkait Senin (17/1) mendatang akan melakukan negoisasi dengan warga tersebut.
“Bagi yang mau dan memperbolehkan dipasang tiang maka akan kita pasang, bagi yang berkeberatan kita tidak akan pasang sampai mereka mendapat ganti rugi. Untuk itu kita akan berdialog dengan pemilik lahan, agar pelebaran ruas Jalan Kol H Barlian ini dapat berjalan lancar,” kata Joko di kantornya, kemarin, Jumat (14/1).
Joko menambahkan, pihaknya tidak hanya memasang tiang dan jaringan listrik saja, namun juga menata sedemikian rupa agar memenuhi unsur estetika atau keindahan sehingga lebih tertata rapi, karena pelebaran ini untuk menunjang Sumsel-Palembang sebagai tuan rumah SEA Games XXVI sepanjang Jalan Kol H Barlian akan dilewati para tamu Negara.
Lebih lanjut kata dia, utilitas PLN yang terkena proyek pelebaran jalan tersebut terdiri dari 15 gardu PLN di sisi kiri dan kanan, 87 tiang listrik di sisi kiri dan 93 di sisi kanan yang harus dipindah tempatnya. Dana untuk melakukan penggantian utilitas tersebut, PLN mengalokasikan dana lebih dari Rp 1,8 M.
Sementara itu, Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional III Palembang, Asep pernah menjelaskan, anggaran dana pelebaran jalan mengunakan dana APBN 2010, yang mencapai Rp179.32 Miliar, biaya tersebut sudah mencakupi kontsruksi perkerasan flexible Rp77,8 Miliar dan dana perkerasan rigid Rp101,52 Miliar. Adapun utilitas umum yang terkena pelebaran jalan itu antara lain 9 titik valve PDAM, 14 halte Trans Musi, seperti 15 gardu PLN di sisi kiri dan kanan, 87 sisi kiri dan 93 sisi kanan tiang listrik PLN. Untuk utilitas Telkom yang dipindahkan sendiri sebanyak 99 titik di sisi kiri dan 59 titik di sisi kanan jalan, juga utilitas pipa gas di kiri dan kanan jalan. ”Jalan Kolonel H Barlian ini akan dilebarkan 2,3 meter-3,5 meter baik di sisi kanan dan kiri sepanjangg 4,30 kilometer,” tutupnya.agustian pratama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s