Rumah Murah Miring, Gubernur Minta Developer Tanggung Jawab

Posted: 19/01/2011 in Uncategorized
Tags: , , , , , , ,

InformasiPagi, Sumsel

Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin akan memantau perkembangan pembangunan rumah murah sektor informal tipe 21, di Kelurahan Keramasan Kecamatan Kertapati, terkait ada bangunan yang miring dan dirobohkan dan juga perkembangan lainnya.
Menurut Gubernur, program rumah murah sektor informal di Keramasan memang belum dilakukan akad kredit, pasalnya sedang dalam proses pembangunan, sementara rumah murah sektor formal tipe 36 untuk kalangan guru, PNS, wartawan dan lainnnya di Jakabaring sudah dilakukan akad kredit untuk 284 PNS.
Disinggung mengenai adanya bangunan rumah murah yang ambruk dan beberapa kondisi bangunan yang miring dan satu dirobohkan karena dikhawatirkan menimpa bangunan lain, Gubernur juga sedikit geram dan meminta agar developer rumah murah sektor informal di Keramasan dapat bertanggung jawab serta memperbaikinya.
“Perbaikin dong itukan masih tanggung jawab dia,” cetus Gubernur usai acara peringatan HUT ke 11 Dharma Wanita Persatuan (DWP) di Gedung DWP Provinsi Sumsel di Jalan Rajawali Palembang, Selasa (11/1).
Namun ia bersyukur dan tidak terlalu mempermasalahkan miringnya bangunan rumah murah tersebut, karena kejadian bangunan miring sebelum dilakukannya akad kredit, dan juga sebelum ditempati oleh masyarakat kalangan ekonomi ke bawah. “Gak masalah, lebih baik roboh sekarang dari pada robohnya nanti,” kata Gubernur.
Untuk perkembangan secara keseluruhan baik mengenai kapan proses akad kredit serta progress pembangunan, termasuk kejadian miringnya bangunan rumah murah tersebut, ia akan melakukan pengecekan dan berkoordinasi dengan SKPD terkait. “Saya akan cek nanti, tapi rumah murah sektor informal di Keramasan itu memang belum diakad kredit,” pungkasnya.
Terpisah, ditanya perkembangan terakhir beberapa bangunan rumah murah yang miring di Keramasan, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Cipta Karya (PU CK) Provinsi Sumsel, Ir Rizal Abdullah Dipl.He MT melalui Kabid Tata Perumahan dan Bangunan Dinas PU CK Provinsi Sumsel, Ir H Fazadi Afdanie MS MT mengatakan, dengan adanya bangunan miring beberapa bangunan rumah murah, pihaknya bersama pengembang masih melakukan penelitian mendalam tentang struktur bangunannya. Sehingga belum dapat disimpulkan, apakah bangunan tersebut masih dapat diperbaiki atau sudah tidak memungkinkan diperbaiki dan harus dirobohkan seperti satu rumah sebelumnya.agustian pratama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s