Gubernur Media Massa Motivasi Masyarakat Sukseskan SEA Games

Posted: 19/01/2011 in Uncategorized
Tags: , , , ,

InformasiPagi, Sumsel

Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin secara khusus meminta para media massa baik cetak atau elektronik, media nasional atau lokal menyajikan pemberitaan positif terkait SEA Games di Sumsel, mulai dari persiapan pembangunan hingga selama perhelatan pada November nanti.
Hal ini disampaikan Gubernur di Griya Agung Palembang, Sabtu (8/1), usai melakukan paparan kesiapan pembangunan SEA Games dihadapan kru Kompas TV, dalam rangka membuat profil kesiapan Sumsel-Palembang pada pelaksanaan SEA Games November mendatang.
“Mungkin masih banyak yang tidak percaya pembangunan untuk SEA Games di Sumsel, baik venues dan fasilitas pendukungnya akan selesai tepat waktu sebelum SEA Games November nanti,” kata Gubernur sambil tersenyum.
Untuk itulah, peran media massa baik cetak atau elektronik, media nasional atau lokal dalam hal pemberitaan sangat diperlukan, salah satunya pemberitaan yang sifatnya memberikan semangat, optimis agar Sumsel mampu menjadi tuan rumah yang baik. Jangan menyajikan pemberitaan negatif yang dapat menurunkan semangat, karena kesuksesan ini bukan kesuksesan Sumsel saja tapi Indonesia.
“Masih banyak yang tidak percaya kita akan tepat waktu, tapi lihat nanti, nah sebagai warga Sumsel kita harus bertekad, jika ada halangan kita atasi sama-sama, termasuk para wartawan juga harus semangat mensupport, harus optimis, bantu pemberitaan positif yang memberi semangat,” pinta Alex.
Disinggung mengenai statemennya, jika penilaian terakhir panitia besar ternyata Jakarta belum layak dan tidak memadai untuk menyelenggarakan SEA Games karena beberapa faktor, Provinsi Sumsel siap mengambil alih beberapa cabor untuk dipertandikan di Sumsel, dan akan disiapkan sesegera mungkin. “Kalau misalnya Jakarta ada yang tidak siap kita akan tampung di sini semampu kita, tapi kalau semuanya kita tidak akan mampu,” jelas dia.
Sebelumnya, saat melakukan paparan dihadapan Kompas TV dan media lokal Sumsel, Gubernur mengatakan, Provinsi Sumsel dan Jakarta berbeda, dalam segi persiapan Jakarta tidak mulai dari nol karena sudah memiliki sarana dan pra sarana, sementara Provinsi Sumsel pembangunan baru fisik untuk SEA Games mencapai 80 persen, sisanya eksisting dari PON lalu yang direvitalisasi menjadi standar internasional.
“Tapi, di Provinsi Sumsel venues dan fasilitas pendukung mayoritas ditempatkan di atas lahan milik provinsi seluas 720 hektar di seberang ulu yang 350 ha khusus kawasan Jakabaring Sport City, sementara di Jakarta penyelenggaraannya diadakan di 21 tempat, baik di Jakarta Pusat, Kerawang dan lainnya. “Kalau di Sumsel kita tempatkan di satu komplek, kalau pun di luar komplek hanya satu kilo,” jelas dia.
Selanjutnya, Gubernur menyampaikan satu persatu persiapan terakhir pembangunan venues dan fasilitas pendukung baik di seberang ulu dan seberang ilir. “Untuk fasilitas pendukung seperti wisma atlet, di Indonesia wisma atlet pertama dibangun Bung Karno, namun setelah 48 tahun wisma atlet dibangun Pemprov Sumsel, yang terdiri dari 6 blok, untuk menampung 4.140 atlet SEA Games. Secara keseluruhan kami siap menyelenggarakan SEA Games, dan kalau ada yang meragukan Sumsel seharusnya terbalik, Jakarta lah yang harus diragukan, jangan anggap enteng Sumsel,” kata dia.
Sementara itu, Excecutive Produser Kompas TV, Dicky Sadikin mengatakan, pihaknya datang untuk meliput persiapan Sumsel khususnya Palembang dalam menyelenggarakan SEA Games November nanti. “Tanggal 15 Januari nanti, akan kita tayangkan profil Kota Palembang dan kesiapannya, penyiarannya akan bekerjasama dengan ANTV, kita akan tampilkan dan tunjukkan ke seluruh Indonesia dan juga Asia bahwa kita sudah siap melaksanakan SEA Games, untuk penyiaran ini kita sudah dtunjuk Deputi Kepanitian Inasoc SEA Games,” pungkasnya.agustian pratama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s