Persiapan Jamnas Capai 80 Persen

Posted: 08/01/2011 in Uncategorized
Tags: , , , , ,

– April, Infrastruktur Jamnas IX Rampung
InformasiPagi, Sumsel

Jambore Nasional (Jamnas) IX tahun 2011 akan digelar pada 2 Juli-9 Juli 2011 mendatang di Kawasan Danau Teluk Gelam Kabupaten OKI, sejauh ini persiapan sudah mencapai 80 persen, ditargetkan pada April mendatang infrastruktur Jamnas rampung.
Hal ini terungkap pada rapat membahas Jamnas IX di Graha Bina Praja Provinsi Sumsel, kemarin, Selasa (4/1). Rapat diikuti Kwartir Daerah Gerakan Pramuka se Sumsel, dan juga dihadiri Kwartir Nasional dan panitia besar dan lokal penyelanggaraan Jamnas IX 2011.
Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Sumsel, Drs H Abdul Shobur SH MM, mengatakan, secara keseluruhan Provinsi Sumsel khususnya kepanitiaan sudah siap menyelenggarakan Jamnas IX, bahkan persiapan hampir rampung dan sudah mencapai 80 persen, persiapan yang sudah disiapkan seperti sarana air bersih, perkemahan, listrik dan fasilitas penunjang lainnya.
Menurutnya, anggaran dari APBD untuk Jamnas ini sekitar Rp14 Miliar dan juga ada bantuan dari APBN, Jamnas akan diselenggarakan di atas lahan sekitar 200 hektar di Kawasan Danau Teluk Gelam OKI, dan pihaknya juga sudah membagi-bagi kawasan tersebut, seperti 100 hektar untuk perkemahan, 50 hektar untuk perparkiran dan lainnya.
”Kita harap pada April nanti persiapan sudah selesai semua, dan sudah dapat digunakan untuk simulasi atau gladi kotor dan juga gladi bersih, sebelum dilaksanakan Jamnas pada 2-9 Juli 2011 mendatang,” kata Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Sumsel ini.
Ia juga mengungkapkan, berdasarkan rapat kemarin ada usulan agar Jamnas IX dapat memecahkan Musium Rekor Indonesia (MURI), namun kategori pemecahan rekor masih akan dibahas lebih lanjut namun salah satu alternatifnya adalah membuat tunas kelapa terbesar di Indonesia.
Hasil rapat juga merekomendasikan Kwarda dan Kwarnas mulai melakukan sosialisasi kegiatan Jamnas di Sumsel, baik di media cetak atau elektronik baik media nasional ataupun media lokal.
”Setelah rapat ini akan ada rapat lanjutan yang rencananya dipimpin langsung Pak Gubernur Sumsel dan pada bulan Maret nanti, kita akan undang para wakil kwarda daerah di Indonesia untuk melakukan rapat dan melihat simulasi sebelum Jamnas,” jelas dia.
Sementara itu, Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Azrul Azwar mengatakan, rencananya Jamnas IX akan dibuka langsung Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono dan rencananya ditutup Wakil Presiden, Budiono, untuk penyelenggaraan Jamnas kali ini pihaknya belum dapat memberitahukan berapa bantuan yang dikucurkan, namun berkaca dengan penyelenggaraan Jamnas yang lalu bantuan sekitar Rp12 Miliar untuk sarana tranportasi dan lainnya.
Menurutnya, setelah delapan kali diadakan di beberapa daerah di Indonesia Jamnas IX tahun 2011 ini diadakan di Provinsi Sumsel, ia menilai dari beberapa penyelenggaraan Kwarnas beberapa waktu lalu, Provinsi Sumsel merupakan Provinsi yang paling siap melaksanakan Jamnas, baik persiapan fisik dan non fisik atau teksin dan non teknis salah satunya dari segi persiapan infrastruktur.
”Dengan adanya Jamnas ini sektor perekonomian di Sumsel khususnya di OKI akan bergerak, sehingga masyarakat Sumsel agar memberikan dukungan penuh untuk kesuksesan Jamnas ini, karena akan datang 30 ribu peserta se Indonesia belum ditambah peserta dari Negara tetangga seperti Singapura, Brunai dan Malaysia dan beberapa Negara ASEAN lainnya,” ungkapnya.
Sedangkan Asisten III Bidang Kesejahteraan Rakyat Provinsi Sumsel, dr H Aidit Aziz menambahkan, rapat kemarin merupakan rapat gabungan antara kwartir pusat, provinsi dan kabupaten, rapat membahas fasilitas penunjang dan juga infrastruktur untuk Jamnas seperti persoalan toilet, home stay, air bersih dan lainnya. ”Kita harap April nanti semua persiapan dapat selesai, sehingga dapat dilakukan diujicoba,” katanya.agustian pratama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s