Perpustakaan Daerah Sumsel Menuju Standar Internasional

Posted: 08/01/2011 in Uncategorized
Tags: , , ,

InformasiPagi, Sumsel

Berbagai upaya penambahan fasilitas dan peningkatan pelayanan dilakukan Badan Perpustakaan Daerah (Banpusda) Provinsi Sumsel, sehingga membuat Pusda Sumsel mampu bersaing di tingkat nasional, namun tidak cukup hanya di situ, Pusda Sumsel akan menuju standar internasional sesuai dengan keinginan Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin.
Menurut Kepala Banpusda Provinsi Sumsel, Asnawi HD, Pusda Sumsel di Jalan Demang Lebar Daun sekarang akan mulai menuju standar internasional, seperti harapan Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin agar perpustakaan daerah Sumsel tersebut tidak hanya terbaik di standar nasional saja. “Pak Gubernur memiliki pemikiran agar perpustakaan ini lebih baik lagi ke depan,” kata dia diwawancara di Kantor Gubernur, Jumat (7/1).
Ia mengatakan, menuju standar internasional fasilitas di perpustakaan daerah Sumsel sudah dinilai memadai, mulai dari pelayanan full sistem digital yang baru diterapkan di Sumsel dan Kaltim, fasilitas multimedia karaoke, ruang diskusi, pendaftaran sistem online, kartu anggota seperti kartu ATM, ruang baca khusus anak-anak yang akan diresmikan, menyediakan air mineral yang semua pelayanan tersebut gratis. “Kita sudah melakukan studi banding ke perpustakaan di Singapura, di Universitas Nan Yang,” ungkapnya.
Lebih lanjut katanya, agar lebih baik lagi, Pusda Sumsel perlu memperluas lahan atau menambah lantai, karena perpustakaan di luar Sumsel seperti perpustakaan daerah Riau memiliki gedung tujuh lantai, dan di Jawa Barat menambah enam lantai. Namun, meski demikian, dari segi pelayanan Pusda Sumsel jauh lebih baik dari dua perpustakaan tersebut. “Gubernur sudah menyambut baik dan akan membantu, pada 2012 mendatang kita akan menambah tiga lantai lagi, kalau kita sudah meningkatkan gedung dan menambah fasilitas lagi kita akan lebih baik lagi,” jelas dia.
Ia menambahkan, berdasarkan penilaian perpustakaan nasional, Pusda Sumsel memiliki pelayanan terbaik di Indonesia, bahkan Pusda dari provinsi lain juga sering melakukan studi banding ke Pusda Sumsel, seperti Jateng, Lampung, Jambi dan lainnya. Kita akan terus meningkatkan pelayanan, seperti tidak hanya menunggu bola, tapi emput bola dengan datang ke tempat tertentu seperti ke sekolah-sekolah. Bahkan kita pertama kali di Indonesia menggunakan sistem layang dimana datang ke sekolah-sekolah meninggalkan banyak buku untuk dibaca, setelah satu minggu kita ambil kembali, dan pada 2011 ini, kita akan programkan perpustakaan keliling di tempat keramaian,” jelas dia.
Asnawi menerangkan, jumlah pengunjung sudah mencapai 400-500 orang per hari, bahkan berdasarkan catatan terakhir pihaknya di awal Januari lalu dalam tiga hari orang yang mendaftar menjadi anggota perpustakaan daerah mencapai 600 orang, dan anggota perpustakaan daerah Sumsel hingga kemarin mencapai 20 ribu anggota. “Ini semua karena peningkatan pelayanan yang kita lakukan, dan kita targetkan di 2011 ini anggota meningkat minimal 25 persen lagi, untuk mencapai ini kita harus lakukan sosialisasi dan publikasi ke masyarakat luas,” jelas dia.
Upaya sosialisasi ini tidak lain untuk meningkatkan gemar membaca di kalangan masyarakat, yang dinilainya masih minim, karena berdasarkan informasi hasil penelitian yang pihaknya dapatkan dari salah seorang pengamat, masyarakat Sumsel yang benar-benar ingin membaca hanya sekitar lima persen, lalu sekitar 25 persen membaca karena kebutuhan namun selebihnya karena kurang minat.
“Karena itulah perbaikan perpustakaan dan peningkatan pelayanan serta fasilitas perpustakaan terus dilakukan, agar masyarakat senang ke perpustakaan, gemar membaca meningkat sehingga masyarakat banyak mendapatkan ilmu pengetahuan,” tutupnya.agustian pratama

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s