Penertiban Gubuk Liar di Jakabaring Hampir Rampung

Posted: 08/01/2011 in Uncategorized
Tags: , , , ,

– Satu Gubuk Liar Belum Dibongkar
InformasiPagi, Sumsel

Penertiban gubuk liar di Jalan Gubernur Bastari Jakabaring khususnya untuk pembangunan Kantor Kejati Sumsel hampir rampung, dari 22 gubuk liar yang ada, tinggal satu gubuk liar yang belum dibongkar karena pemerintah masih melakukan tindakan persuasif kepada pemilik bangunan.
Hal ini dikatakan Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) Provinsi Sumsel, Muslimin MH di Kantor Gubernur kemarin, Kamis (6/1). Ia mengatakan, tak kurang selama satu minggu belakang pihaknya bersama aparat kepolisian dan koramil melakukan penertiban gubuk-gubuk liar di sepanjang Jalan Gubernur Bastari, yang notabenenya lahan aset milik Pemprov Sumsel untuk dimanfaatkan membangun gedung Kantor Kejati Sumsel.
Ia mengungkapkan, dari sekitar 22 gubuk liar yang ditertibkan dan sukarela dibongkar pemiliknya, hanya ada satu gubuk liar yang belum dibongkar, karena pihaknya masih melakukan pendekatan atau tindakan persuasif kepada pemilik gubuk agar mau membongkar gubuknya secara sukarela. ”Karena tanah itu kan memang milik Pemprov Sumsel, dan ketika Pemprov Sumsel akan memanfaatkannya kita harap masyarakat menyerahkan kembali ke Pemprov Sumsel,” harapnya.
Muslimin menambahkan, dalam melakukan penertiban pihaknya mengerahkan tak kurang 50 personel Sat Pol PP, bekerjasama satu pleton Polsekta Seberang Ulu I, juga sekitar 15 personel koramil dan intel berpakaian preman, tim gabungan ini hanya mengamankan jalannya proses penertiban dan menjaga-jaga agar tidak terjadi hal tidak diinginkan.
”Alhamdulillah, secara keseluruhan masyarakat masih kooperatif sehingga proses penertiban hampir rampung dan sudah lebih dari 90 persen, tapi sebelum tim ini turun masyarakat menghambat pemborong yang akan membangun Kantor Kejati Sumsel ini, sehingga para pekerja tidak berani bekerja,” kata dia.
Namun, ia memastikan kondisi sekarang sudah kondusif, bahkan material dan kendaraan proyek sudah dapat masuk ke lokasi dan para pekerja sudah mulai membangun. ”Pembangunan sudah dimulai dan sudah memasuki tahap pemasangan paku bumi, tapi meski sudah kondusif kita tetap turunkan personel di lapangan sampai pekerja berhenti kerja, dan juga ada yang berpatroli keliling,” jelasnya.agustian pratama

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s