Pemprov Sumsel Keluarkan Jinggle Dukung SEA Games

Posted: 08/01/2011 in Uncategorized
Tags: , , , , ,

InformasiPagi, Sumsel

Untuk mendukung kesuksesan SEA Games XXVI di Sumsel, dan mengajak masyarakat bangkit dan bergembira menyambut SEA Games pada November mendatang. Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Pemprov Sumsel) telah mengeluarkan dan mulai menyosialisasikan jinggle SEA Games milik Pemprov Sumsel.
Penulis Lirik Jinggle SEA Games dari Pemprov Sumsel, Thontowi HEP mengatakan, setelah Provinsi Sumsel positif menjadi tuan rumah SEA Games ia langsung mengambil inisiatif membuat jinggle SEA Games milik Pemprov Sumsel, yang lebih untuk memromosikan Sumsel melalui lirik yang dibuatnya. Jinggle sendiri berjudul South Sumatra The Real Indonesia, atau Sumsel adalah Indonesia yang sesungguhnya.
Menurutnya, momen SEA Games adalah sasaran antara Sumsel untuk meraih cita-cita yang lebih besar, dan momen kebangkitan pembangunan di Sumsel, sehingga harus dimanfaatkan sebaik-baiknya salah satunya mengajak masyarakat bangkit melalui jinggle tersebut.
“Jinggle ini bukan Jinggle resmi SEA Games, karena jinggle resmi mungkin telah disiapkan oleh pihak KONI, jinggle yang dibuat oleh Pemprov Sumsel ini untuk mendukung kesuksesan SEA Games, kalaupun ada unsur SEA gamesnya tidak lain untuk memromosikan Sumsel,” kata Kabag Pemberitaan dan Penerangan Pemprov Sumsel, yang akrab disapa Toton ini.
Menurutnya, proses pembuatan lirik jinggle tersebut memakan waktu sekitar satu tahun, dan telah melalui beberapa kali revisi, dalam lirik jinggle ada versi Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Bahkan meski belum diluncurkan secara resmi, jinggle ini sudah diputar dibeberapa radio di Palembang. “Liriknya dibuat sederhana, mudah dicerna tapi mengandung apa yang diinginkan Sumsel, seperti pada kalimat akhir South Sumatera Real Indonesia, kita beranggapan Sumsel ini Real Indonesia karena Sumsel memiliki beragam budaya,” jelasnya.
Ia berharap, dengan keluarnya jinggle SEA Games milik Pemprov Sumsel ini semangat dan spirit masyarakat Sumsel bangkit dan bergairah, karena pada awal jinggle yaitu come on come on telah mengandung arti mengajak masyarakat untuk bangkit dan bergembira. “Januari ini, kita akan lebih giatkan lagi sosialisasi jinggle ini, dan kita juga berencana jinggle ini dibuat ring back tone (RBT) atau nada sambung untuk telepon selular,” harapnya.
Sementara itu, pencipta lagu/arranger jinggle SEA Games, Hadi Sulistyo mengatakan, proses pembuatan notasi musik jinggle memakan waktu sekitar dua bulan, syair dan notasi yang dibuat murni karya mereka dan bukan contekan dari lagu-lagu lain.
“Selama ini saya sering membuat jinggle bekerjasama pak Toton, seperti membuat jinggle salah satu iklan, nah kebenaran ada momen SEA Games di sumsel, pak Toton terinspirasi mengangkat Sumsel dan keberhasilan Sumsel melalui jinggle, sehingga kami bekerjasama kembali,” katanya.
Ia menjelaskan, jinggle tersebut berdurasi 1 menit 17 detik, yang jenis musiknya dibuat tiga versi yaitu versi irama pop, disko dan rock, namun notasinya tidak berubah hanya irama yang diubah menyesuaikan momen untuk diputar. “Kita memang buat jinggle bukan lagu, karena dengan jinggle akan lebih greget dan mudah diingat, sementara kalau membuat lagu akan panjang paling tidak berdurasi empat menit. Ke depan, kita berharap jinggle ini dibuatkan video klip sehingga sosialisasi tidak hanya di radio tapi juga di stasiun televisi khususnya televisi lokal,” tutupnya.

Lirik lagunya :

South Sumatra The Real Indonesia
Ciptaan Hadi Sulistyo/lirik Thontowi HEP

Come on … come on …
Come to play come to be winner
Come on … come on …
Come to play come to be winner

To SEA Games two thousand eleven
In South Sumatra Indonesia

Keindahan ragam budaya
Yang akan selalu menjadi kenangan, selamanya

Come on visit, south sumatra
The Real Indonesia
The Real Indonesia
The Real Indonesia

agustian pratama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s