Muba Diminta Tidak Perbaiki Jalan Provinsi dan Jalan Negara

Posted: 08/01/2011 in Uncategorized
Tags: , , , ,

InformasiPagi, Sumsel

Kabiro Humas dan Protokol Provinsi Sumsel, Robby Kurniawan SSTP MSi, mengatakan, Pemprov Sumsel ingin meluruskan keluhan masyarakat Muba yang menyebutkan Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin tidak memrioritaskan perbaikan jalan di Muba dan berlawanan dengan janji kampanye Gubernur kala itu. “Kita memang ingin meluruskan yang menjadi keluhan masyarakat, agar tidak terjadi salah pengertian, karena berdasarkan keterangan Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Provinsi Sumsel, pak Gubernur sudah memrioritaskan Muba sejak dia menjabat Gubernur,” katanya diwawancara di ruang kerjanya.
Sementara itu Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Provinsi Sumsel Provinsi Sumsel, Heri Amalindo mengatakan, janji Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin sudah direalisasikan. “Agar masyarakat Muba tahu, setelah pak Alex menjadi Gubernur di tahun 2008, maka tahun anggaran 2009 proyek pembangunan jalan di Betung Sekayu sudah dianggarkan sebesar Rp60 Miliar, kemudian pada tahun 2010 dana dari nasional berkurang sehingga pada 2010 Muba hanya dialokasikan Rp10 Miliar, dan perbaikan jalan di Muba juga dilakukan secara bertahap bahkan untuk tahun ini pun sedang dalam perbaikan,” jelas Heri diwawancara via ponselnya di ruang Kabiro Humas dan Protokol Provinsi Sumsel.
Pihaknya sangat menyesalkan, apa yang dilakukan Pemkab Muba karena mengambil alih perbaikan jalan yang bukan wewenang kabupaten, seharusnya Pemkab Muba fokus kepada perbaikan jalan Kabupaten bukan malah memperbaiki Jalan Provinsi atau Jalan Negara. Pemkab Muba dimintanya memperbaiki jalan poros kabupaten Muba yang sekarang dalam keadaan rusak parah seperti di kawasan Teladan, Keluang, Simpang Siku. Ia meminta semuanya kembali kepada tanggung jawab masing-masing, artinya Pemkab memperbaiki jalan kabupaten sementara Pemprov memperbaiki jalan provinsi dan nasional.
“Saya sangat sesalkan, sebaiknya Pemkab Muba lebih baik fokus kepada perbaikan jalan di Kabupaten Muba, karena jalan-jalan poros di Muba seperti Sungai Lilin dan Banyulincir itu sudah tidak bisa dilalui lagi, jadi Pemkab Muba tidak perlu membantu kerusakan jalan Provinsi atau Nasional tersebut, karena akan segera kita diperbaiki jalan itu secara berkala,” jelas dia.
Heri mengatakan, pihaknya pasti akan segera memperbaiki seluruh jalan nasional dan provinsi yang ada di Sumsel karena memang merupakan menjadi tanggung jawab pihaknya dan akan dilaksanakan sebaik-baiknya. “Jadi kami berharap masyarakat Muba mengerti bahwa apa yang disampaikan pak Gubernur itu bisa dan sudah terealisasi,” katanya lagi.
Ia menilai, jika ada kerusakan jalan di Muba itu hal yang wajar, akibat kendaraan yang banyak lewat karena semenjak Muba dipimpin Alex Noerdin Jembatan Teluk dibuka dan tidak menjadi portal bagi kendaraan besar sehingga arus lalulintas semakin meningkat dan banyak melalui Muba Sekayu untuk memperpendek jalan. “Kerusakan itu kami pikir sangat wajar dan layak, jadi jangan saling salah tapi mari saling perbaiki, Muba tidak perlu membantu memperbaiki jalan nasional nanti dananya gak cukup,” saran dia.
Ia menjelaskan, perbaikan jalan di 2011 memang akan segera terealisasi seperti untuk jalan nasional yang sekarang sedang proses tender dan hampir selesai, bahkan untuk Muba sendiri sudah dianggarkan hampir Rp60 Miliar. “Jadi sangat luar biasa bapak Gubernur memerhatikan Kabupaten Muba, dan sesegera mungkin kami perbaiki jalan itu,” ujarnya.
Karena, secara umum anggaran perbaikan dan pemeliharaan jalan baik jalan provinsi, jalan nasional dan kabupaten/kota di Sumsel sudah dianggarkan dan sudah dikoordinasikan, bahkan pihak balai nasional menganggarkan perbaikan jalan di Sumsel mencapai Rp700 Miliar khususnya perbaikan jalan untuk menunjang SEA Games ini.
“Alokasi dana 2011 untuk jalan nasional sekitar Rp700 Miliar, untuk jalan provinsi sendiri dianggarkan sekitar Rp450 Miliar, dan total panjang jalan milik provinsi sekitar 1.700 km sementara untuk total panjang jalan milik nasional hampir sekitar 1.000 km, dan memang ada kerusakan di beberapa titik tapi akan diperbaiki,” paparnya.agustian pratama

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s