HAB Kemenag, Tingkatkan Kerukunan Beragama

Posted: 08/01/2011 in Uncategorized
Tags: , , , , ,

InformasiPagi, Sumsel

Pada puncak acara Hari Amal Bhakti (HAB) HAB ke-65 Kemenag, Menteri Agama RI Suryadharma Ali salahsatunya meminta Kemenag se Indonesia meningkatkan kerukunan umat beragama untuk membangun kerukunan nasional.
Hal ini terungkap dalam dalam sambutan Menteri Agama RI, yang dibacakan Plt Sekda Provinsi Sumsel, H Yusri Effendi Ibrahim SH MM, pada puncak acara Hari Amal Bhakti (HAB) HAB ke-65 Kemenag di Akademik Center IAIN Raden Fatah Palembang, Senin (3/1). Acara mengusung tema Kerja Keras, Kerja Cerdas, dan Kerja Ikhlas untuk Mewujudkan Pemerintahan yang Bersih dan Berwibawa di Lingkungan Kementerian Agama Provinsi Sumatera Selatan.
Yusri menyampaikan, HAB ke-65 Kemenag adalah hari bersejarah untuk mengingatkan sejarah berdirinya Kemenag RI pada 3 Januari 1946, dengan Menteri Agama pertama Alm H Mohammad Rasjidi. “Kemenag adalah instansi pemerintah yang menjalankan tugas pokok memberikan pembinaan, pelayanan dan perlindungan kehidupan beragama kepada seluruh umat beragama di tanah air,” katanya.
Kemenag juga memainkan peran strategis dalam empat hal, yaitu dalam peningkatan pemahaman dan pengamalan agama, pembinaan kerukunan antar umat beragama, peningkatan pendidikan agama dan pendidikan keagamaan, serta mengawal akhlak dan moral bangsa. ”Persoalan utama yang dihadapi bangsa kita dewasa ini adalah masalah kebodohan, pengangguran, kemiskinan, dan krisis akhlak yang belakangan ini memprihatinkan kita semua,” jelasnya.
Ia juga menyampaikan, peningkatan kerukunan umat beragama dalam membangun kerukunan nasional juga harus tetap diwujudkan, output yang diharapkan adalah peningkatan dialog dan kerjasama antar umat beragama, penguatan peraturan perundang-undangan terkait kehidupan keagamaan, peningkatan peran Indonesia dalam dialog lintas agama di dunia Internasional. Hal-hal tersebut perlu mendapat perhatian serius dalam pembinaan kerukunan kehidupan beragama ke depan.
”Menyangkut kerukunan atau toleransi dalam kehidupan beragama, kita menyadari bahwa kerukunan merupakan kondisi yang penting diwujudkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Tidak boleh dilupakan bahwa prinsip dasar kerukunan dan toleransi beragama sebenarnya telah tertuang dalam UUD negara kita, yang menjamin kemerdekaan setiap penduduk untuk memeluk agama dan beribadah menurut agama yang diyakininya,” sampainya.
Sementara itu, mengenai kerukunan beragama ini, Kakanwil Kemenag Provinsi Sumsel, Drs H Najib Haitami MM mengatakan, dari 33 provinsi di Indonesia Provinsi Sumsel merupakan provinsi yang sangat kondusif iklim agamanya. ”Pemeluk agamanya harmonis, semua agama kita rangkul dan begitu juga tokoh/pemuka agama kita rangkul guna memecahkan permasalahan kecil agar tidak menjadi lebih besar. Salah satunya kita adakan workshop FKUB dari berbagai unsur agama untuk menyatukan visi misi sehingga situasi keagamaan di Sumsel ke depan lebih baik lagi,” katanya.
Mengenai peringatan HAB sendiri, ialah sebagai momen peneguhan kembali komitmen seluruh komponen Kemenag untuk terus memberikan yang terbaik bagi instansi, masyarakat dan Negara, Juga untuk membangun kebersamaan, kekeluargaan, melahirkan nilai juang untuk mencapai visi misi dan lima fokus program Kemenag. Terakhir Untuk menumbuhkembangkan semangat pelaksanaan good governance dan clean governance guna memberikan pelayanan prima kepada masyarakat luas.
Ia menambahkan, rangkaian kegiatan telah dilaksanakan dalam rangka memeriahkan HAB mulai dari PORHAB, Jalan Sehat, acara puncak HAB, Bazaar dan juga anjangsana ke panti jompo oleh Dharma Wanita Kemenag Sumsel.agustian pratama

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s