2011, Target Investasi Sumsel Rp9,7 Triliun

Posted: 08/01/2011 in Uncategorized
Tags: , , , , , ,

InformasiPagi, Sumsel

Investasi yang masuk ke Provinsi Sumsel pada 2010 lalu over target mencapai 150 persen dari Rp6,2 Triliun yaitu Rp9,7 Triliun, sehingga pada 2011 Badan Penanaman Modal Daerah (BPMD) Provinsi Sumsel mencoba meningkatkan target investasi pada 2011 ini mencapai Rp9,7 Triliun.
Kepala BPMD Provinsi Sumsel, Ir Permana mengatakan, pada 2010 lalu target investasi di Provinsi Sumsel sudah tercapai bahkan melebihi target hingga 152 persen, dari target Rp6,2 Triliun terealisasi mencapai Rp9,7 Triliun.
“Sehingga pada tahun 2011 ini kita coba naikkan dan tingkatkan targetnya yang pada pada 2010 hanya Rp6,2 T menjadi Rp9,7 T pada 2011 ini, karena kita melihat tren investasi di Sumsel pada 2010 kemaren naik, jadi kita coba naikkan di 2011 dan mudah-mudahan target ini bisa tercapai,” harap Permana diwawancara di Kantor Gubernur, kemarin, Selasa (4/1).
Menurutnya, secara keseluruhan target investasi yang masuk ke nasional mencapai Rp1.000 Triliun, sementara Provinsi Sumsel sendiri baru mampu memberikan kontribusi investasi mendekati Rp10 T. “Target Rp9,7 T itu di luar investasi minyak dan gas, tapi dari sektor perkebunan, pertambangan, perdagangan ekspor dan sektor lainnya,” ungkap dia.
Investasi yang menjadi primadona di 2010 dan juga di 2011 ini tetap pada sektor pertambangan dan perkebunan, untuk sektor pertambangan ini memiliki investasi paling besar sementara untuk sektor perkebunan ekspornya yang tertinggi dari investasi lainnya. “Untuk investasi perkebunan ini terbanyak masih di daerah Lubuk Linggau dan Kabupaten Muba, sedangkan untuk sektor pertambangan masih di Muara Enim dan Lahat, daerah-daerah inilah yang mendominasinya,” jelas dia.
Lebih lanjut kata Permana, dari segi investor, investor yang menanamkan investasi terbesar di Provinsi Sumsel adalah investor asing atau PMA (penanaman modal asing), namun secara kuantitas atau banyaknya investasi adalah PMDN (penanaman modal dalam negeri, yang pada 2010 investasi dari PMDN berjumlah 11 investasi sementara dari PMA hanya 4 investasi.
“Kalau dari segi Negaranya, investor yang akan menanamkan investasinya di Sumsel tahun ini adalah dari India, Cina, Timur Tengah/Dubai dan beberapa lainnya yang belum dapat disebutkan karena belum ada kepastian,” kata dia.
Sebelumnya, Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin, mengatakan, Provinsi Sumsel sudah menjadi tujuan investasi para investor dalam dan luar negeri, seiring dengan publikasi juga promosi SDA dan potensi investasi yang dilakukan. “Investasi yang masuk ke Sumsel ini susul-menyusul karena kita mampu menjaga kondusifnya situasi khususnya keamanan di Sumsel,” kata Alex singkat.agustian pratama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s