2011, BAZ Diminta Programkan Beasiswa

Posted: 08/01/2011 in Uncategorized
Tags: , , , , ,

– 2011, BAZ Targetkan Zakat Terkumpul Rp2 Miliar
InformasiPagi, Sumsel

Pada 2010 kemarin Badan Amil Zakat (BAZ) Provinsi Sumsel, belum mampu mencapai target pengumpulan zakat, dari target Rp2 Miliar baru tercapai Rp1,3 Miliar. Sehingga pada 2011, BAZ Sumsel tetap menargetkan pengumpulan zakat Rp2 Miliar dan meningkatkan sosialisasi untuk mencapainya. Pada 2011 ini, Pemprov juga meminta BAZ memrogramkan bantuan beasiswa.
Demikian terungkap dalam rapat antara pengurus BAZ Sumsel dengan Pemprov Sumsel membahas agenda BAZ 2011-2012. Rapat dilakukan di ruang Asisten III Bidang Kesejahteraan Rakyat Provinsi Sumsel, dr H Aidit Aziz, kemarin, Kamis (6/1).
Usai rapat, Ketua BAZ Sumsel, H Aflatun Mukhtar mengatakan, pihaknya telah mendiskusikan program kerja BAZ Sumsel 2011 dengan Pemprov Sumsel, salah satu program yang diprioritaskan yaitu peningkatan jumlah muzakki (penzakat), melalui sosialisasi-sosialisasi yang akan digencarkan.
“Kita ingin tingkatkan jumlah muzaki, jadi UPZ (unit pengumpul zakat) yang belum tersentuh akan disentuh, yang selama ini mandek akan ditingkatkan lagi. Dengan begitu jumlah muzakki dari UPZ tingkat Sumsel akan semakin bertambah, jumlah zakat meningkat dan akhirnya para mustahik (penerima zakat) akan banyak terbantu,” katanya.
Ia menambahkan, dana zakat dari BAZ tersebut diperuntukkan empat kategori penerima yaitu kaum fakir, fisabilillah, muallaf dan ibnu sabil/orang-orang terlantar dalam perjalanan. “Dana zakat juga kita salurkan melalui program Sumsel Sehat, Sumsel Makmur, Sumsel Cerdas, Sumsel Taqwa dan Sumsel Peduli jika diperlukan. Artinya, dunia pendidikan dan kesehatan juga kita perhatikan, termasuk bantuan untuk para pedagang yang membutuhkan, kita harap BAZ bisa bermangfaat bagi masyarakat luas,” katanya.
Sementara itu, Sekretaris BAZ Sumsel, Teguh Sobri menambahkan, jumlah muzakki yang dicatat pihaknya baru mencapai 700 orang yang berasal dari dinas/instansi/badan lingkungan Provinsi Sumsel dan juga perorangan yang datang langsung ke BAZ Sumsel. “Upaya meningkatkan jumlah muzakki ini akan kita lakukan seperti menggalakkan sosialisasi untuk berzakat,” jelasnya.
Ia mengungkapkan, pihaknya menargetkan pada tahun 2011 ini zakat yang terkumpul di BAZ Sumsel mencapai Rp2 Miliar, sama seperti target tahun lalu, hanya saja pada 2010 target tidak tercapai, realisasi zakat yang terkumpul hanya Rp1,3 Miliar. “Kendala pengumpulan zakat ini memang cukup banyak, pertama kesadaran berzakat masih rendah, kemudian masih tetap di masalah yang berhubungan dukungan dan lainnya, tapi kita tetap terus mengupayakan agar seluruh lapisan masyarakat mau berzakat, sosialisasi juga kita harapkan dari para da’i, mubaligh, tokoh agama dan lainnya,” harapnya.
Sedangkan Asisten III Bidang Kesejahteraan Rakyat Provinsi Sumsel, dr H Aidit Aziz, menjelaskan, pihaknya ingin mengarahkan program BAZ tahun ini untuk memberikan bantuan beasiswa bagi siswa kurang mampu, yang hendak melanjutkan pendidikannya di perguruan tinggi. “Tentu anak yang dipilih nanti yang memang berprestasi dari latar belakang keluarga kurang mampu, tapi ingin melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi. Jadi, bantuan tidak hanya bersifat seremonial biasa saja, tapi juga untuk peningkatan SDM, kita akan mulai coba program ini di 2011,” pungkasnya.agustian pratama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s