Wagub Minta Perusahaan Realisasikan Kenaikan UMP 2011

Posted: 29/12/2010 in Uncategorized
Tags: , , ,

InformasiPagi, Sumsel

Upah minimum provinsi (UMP) Sumatera Selatan (Sumsel) telah ditetapkan oleh Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin, kenaikan UMP meningkat 13 persen dari 2010, artinya UMP 2011 yang berlaku mulai Januari 2011 mendatang naik menjadi Rp1.048.440 untuk pekerja lajang. Wakil Gubernur Sumsel, H Eddy Yusuf meminta perusahaan mulai menerapkan UMP 2011 yang sudah ditetapkan.
Demikian ditegaskan Wagub Sumsel, usai menghadiri acara peringatan hari ini di gedung BKOW (Badan Koordinasi Organisasi Wanita) Sumsel, kemarin Rabu (22/12). Menurutnya, kenaikan UMP sebesar 13 persen yang sudah ditetapkan Gubernur tersebut sudah berdasarkan kesepakatan bersama melalui rapat tri partit antara pemerintah, serikat buruh dan perusahaan, juga telah memerhatikan kebutuhan hidup layak (KHL), sehingga perusahaan harus menerapkannya.
“UMP itu yang ditetapkan itu sudah ditimbang sebatas kemampuan, jadi ya mesti diterapkan, dan kenaikan itu merupakan hak buruh, karena harga barang sudah mulai naik, kalau sudah ditetapkan maka harus dilaksanakan,” tegas Wagub.
Eddy berharap, perusahaan tidak lagi beralasan untuk tidak mengikuti aturan yang berlaku, bahkan ia meminta, bagi perusahaan yang sudah maju dan manajemennya sudah lama dan bagus agar menaikkan gaji lebih dari standar UMP. “Kalau perusahaan bagus dan maju, jangan hanya batas upah minimum itu saja, tidak salahnya dia memberi lebih, pastinya kita berharap 2011 mendatang UMP sudah diterapkan oleh perusahaan,” pintanya.
Disinggung mengenai laporan Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) Sumsel, adanya pelanggaran UMP oleh perusahaan yang tidak ditindaklanjut Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Sumsel, Wagub mengatakan Pemprov Sumsel melalui Disnaker sudah melakukan upaya-upaya untuk memecahkan masalah tersebut.
“Kita stressing kepada perusahaan, biasanya kalau dipanggil mereka diberitahu, hanya saja terkadang yang datang saat kita panggil itu bukan orang yang memiliki kewenangan dan bukan pengambil keputusan untuk memutuskan ya atau tidak,” kata Wagub.
Sementara itu, Kepala Disnakertrans Provinsi Sumsel, Rizal Fathoni melalui Kabid Hubungan Industrial, Syarat Kerja dan Jaminan Sosial Disnakertrans Provinsi Sumsel, Hj Lismahana, mengatakan, berdasarkan SK Penetapan UMP nomor 809 KPTS/Nakertrans/2010, pada tanggal 12 November 2010 lalu, menyebutkan kenaikan UMP tahun 2011 sebesar 13 persen, yang pada 2010 sebesar Rp927.825 pada tahun 2011 mendatang nilainya menjadi Rp1.048.440.
Ia meminta, perusahaan melaksanakan ketentuan yang berlaku, karena merupakan kewajiban perusahaan melaksanakan kenaikan UMP setiap tahun ini. Namun, bagi perusahaan yang tidak mau melaksanakan ketentuan upah minimum yang ditetapkan, maka berdasarkan undang-undang no 13 maka akan diberikan sanksi pidana.
“Kalau ada yang melanggar kita akan lakukan pembinaan dulu, kalau mereka mengatakan tidak mampu kita akan lihat dari audit akuntan publik, karena tidak mungkin hanya mengatakan tidak mampu begitu saja, tapi umumnya sepanjang sepengetahuan kami, tidak ada perusahaan yang tidak mampu, semua umumnya tidak ada yang menunda,” terang dia.
Menurutnya, kenaikan UMP harus berlaku per 1 Januari 2011 nanti, untuk pekerjaan tujuh jam sehari 40 jam seminggu bagi pekerja lajang yang tanpa tanggungan, dengan masa kerja 0-1 tahun, pendidikan paling rendah dan sifat pekerjaan yang resikonya paling kecil.agustian pratama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s