Terapkan Kesetiakawanan Sosial Setiap Hari

Posted: 29/12/2010 in Uncategorized
Tags: , , , ,

InformasiPagi, Sumsel

Agar penanganan bencana maksimal, maka saat melakukan simulasi para personel Taruna Siaga Bencana (Tagana) Provinsi Sumsel diminta serius melakukannya. Selain itu, nilai-nilai kesetiakawanan sosial jangan hanya diperingati setiap tahun tapi diaplikasikan setiap hari.
Wakil Gubernur Sumsel, H Eddy Yusuf mengatakan, menuju Sumsel gemilang khususnya melalui peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) 2010 ini, semua pihak harus menggalang kekuatan dalam kesetiakawanan sosial, tidak boleh individualistis. Momen HKSN ini semua pihak harus saling menghormati dan sayang-menyayangi.
“Kesetiakawanan itu yang terpenting khususnya kesetiakawanan dalam menangani bencana, karena tidak ada yang mau terkena bencana, mau cacat atau miskin. Untuk itulah kita diberi pemahaman untuk memikirkan sesama, mudah-mudahan kesetiakawanan ini bukan hanya rutinitas setiap tahun tapi diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari,” katanya usai acara peringatan HKSN 2010, di Komplek Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya (TPKS), Kamis (16/12).
Disinggung mengenai simulasi penanganan bencana yang digelar Tagana se Sumsel, Wagub mengatakan, hal terpenting dalam simulasi penanganan bencana ini, para personel Tagana harus benar-benar serius menjalaninya, baik mulai evakuasi, pendirian tenda, dapur umum, penanganan kesehatan dan lainnya.
“Simulasi ini adalah pelatihan, jadi anggaplah sungguh-sungguh terjadi, karena saat sudah ada kejadian bencana tingkat kesulitannya akan sepuluh kali lipat dari saat simulasi. Para pelatih telah menanamkan kepada anak didiknya, maka harus serius tidak boleh tertawa,” pinta Wagub.
Ia bersyukur, Sumsel sampai sekarang Sumsel belum tertimpa bencana dan mudah-mudahan ke depan tidak terjadi bencana, namun saat terjadi bencana penanganannya tidak dapat dilakukan Dinsos sendiri, harus ada partisipasi aktif dari semua lapisan masyarakat yang merasa peduli untuk menolong sesama.
Rasa kesetiakawanan terhadap saudara-saudara yang tertimpa bencana di daerah lain pun harus ada, dengan turut berduka cita dan membantunya. “Ke depan kita jangan lengah, karena bencana bisa datang kapan saja, baik dari alam dan faktor kelalaian manusia, walaupun tidak ada bencana di Sumsel kita harus siap siaga,” katanya.
Dihadapan para personel Tagana se Sumsel, Wagub mengatakan, Tagana merupakan orang terpilih yang mau membantu sesamanya, tidak boleh cengeng. Wagub berjanji akan membicarakan kepada Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin tentang insentif Tagana di Sumsel yang masih kecil yaitu Rp150 ribu per bulan. Kepada Bupati/Walikota juga dimintanya membantu menyiapkan sarana prasarana untuk para Tagana di daerah masing-masing. “Saya akan bicarakan insentif Tagana ini dengan pak Gubernur, tapi insentif ini jangan dijadikan tujuan utama,” jelasnya.
Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Provinsi Sumsel, Hj Ratnawati mengatakan, peringatan HKSN kemarin juga diisi dengan apel simulasi Tagana, pencanganan KSB, sunatan massal, donor darah, pemotongan rambut gratis dari binaan panti sosial Dinsos. Ada juga pemberian bantuan bagi usaha ekonomi produktif, anak jalanan, korban Nafza.
Menurutnya, kesetiakawanan sosial harus direalisasikan sepanjang tahun jangan hanya pada puncak peringatan HKSN saja, kesetiakawanan sosial merupakan integrasi sosial dan modal untuk menciptakan kondisi yang rukun dan damai. “Dengan adanya pencanangan HKSN, mari seluruh lapisan baik pemerintah, masyarakat, instansi terkait, donatur, perusahaan dapat memberikan kepedulian sosial terutama mengentaskan kemiskinan,” jelasnya.
Mengenai simulasi penanganan bencana sendiri, bertujuan agar para personel Tagana dapat tanggap darurat saat menangani bencana yang sebenarnya. “Total jumlah Tagana di Sumsel mencapai 1.000 orang lebih namun hanya 765 orang yang aktif, Tagana ini adalah para pemuda dan masyarakat yang peduli sesama dan mereka merasa terpanggil untuk membantu, meski insentifnya kecil karena nilai kesetiakawanan sosialnya sudah tumbuh,” pungkasnya.agustian pratama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s