Sosok Ibu Berperan Tekan Angka Korupsi

Posted: 29/12/2010 in Uncategorized
Tags: , , , , ,

InformasiPagi, Sumsel

Seorang ibu dapat berperan memecahkan berbagai persoalan, tidak hanya masalah keluarga tapi juga masalah bangsa salah satunya korupsi, melalui pembentukan karakter anak dan juga suami. Para organisasi wanita diminta juga diminta bersatu memecahkan permasalahan daerah.
Hal ini diungkapkan Wakil Gubernur Sumsel, H Eddy Yusuf, disela puncak peringatan Hari Ibu ke-82 Tahun 2010 Tingkat Provinsi Sumsel, di Gedung BKOW (Badan Koordinasi Organisasi Wanita) Provinsi Sumsel di Jalan Kapten A Rivai Palembang, Rabu (22/12). Acara dihadiri Wakil Ketua TP PKK Sumsel, Hj Suzanna Eddy Yusuf, Ketua BKOW Sumsel, Hj Halifah Mahyuddin, organisasi-organisasi kewanitaan dan lainnya. Disela acara juga dilakukan pembacaan sejarah singkat hari ibu.
Pada kesempatannya menyampaikan makna hari ibu, Wakil Gubernur Sumsel, H Eddy Yusuf mengatakan, seorang adalah manusia yang diciptakan dan diberi kekuatan untuk melahirkan, bahkan dalam agama khususnya agama Islam mengajarkan untuk menghormati ibu. Sosok ibu juga memiliki peranan penting dalam perjuangan RI, sehingga kiprah ibu terus meningkat secara nasional hingga tanpa pembedaan antara laki-laki dan perempuan, karena hak dan kewajiban warga negara itu memang tidak boleh dibedakan.
Sosok seorang ibu sangat komprehensif bagi anak-anaknya, juga berpengaruh besar terhadap anak-anaknya, jika seorang ibu pintar dan berkelakukan baik maka akan diturunkan kepada anaknya. Bahkan kata Wagub, 90 persen ibu-ibu dapat menekan angka korupsi, ibu dapat berperan untuk mencegah pembudayaan korupsi mulai dari rumah tangganya sendiri, dengan tidak menumbuhkan sifat materialisme kepada anak dan suaminya.
“Ibu adalah sosok pembentuk karakter bangsa, jika seorang ibu berperan optimal dalam rumah tangganya maka segala urusan akan cepat selesai. Ibu juga harus membantu kepentingan bangsa, tolong tonjolkan peran ibu yang berjuang untuk keluarga dalam membentuk anak-anaknya untuk bangsa
“Tapi, kaum bapak jangan berkecil hati, karena figur bapak juga akan dibanggakan anak-anaknya, dan bagaimanapun juga kepala keluarga harus tetap bapak, meski seorang ibu tersebut memiliki materi lebih atau jabatan tinggi dibandingkan sang bapak. Pada hari ibu yang diperingati setiap tahun ini saya mengucapkan selamat hari ibu kepada seluruh ibu di Sumsel, agar para ibu dapat meningkatkan terus pengabdiannya kepada bangsa,” katanya.
Usai acara, Wagub menambahkan, potensi kaum ibu dapat diajak memikirkan dan memecahkan persoalan yang ada, salah satunya menekan angka korupsi. Ia juga mengatakan, organisasi wanita yang di Sumsel berjumlah sekitar 50 organisasi, agar dapat bersatu untuk memecahkan permasalahan daerah yang terjadi.
“Pemberantasan korupsi yang dimaksud ini, dalam pengertian membentuk karakter anak dan suami, agar tidak menerima hal yang tidak seharusnya diterima. Seperti saat kita kecil, ketika kita membawa barang yang bukan milik kita, ibu kita menanyakan dan menyuruh untuk dikembalikan yang bukan hak. Pola-pola pendidikan inilah salah satunya yang dapat diterapkan ibu,” katanya.
Sementara itu, Ketua Penyelenggara Peringatan Hari Ibu, yang juga Ketua BKOW Sumsel Hj Halifah Mahyuddin, mengatakan, tema hari ibu ke 82 yaitu kesetaraan perempuan dan laki-laki untuk membangun karakter bangsa mewujudkan masyarakat sehat dan bermartabat. “Melalui hari ibu ini agar kita dapat mewariskan nilai luhur semangat perjuangan seorang perempuan kepada seluruh masyarakat Indonesia,” kata dia.agustian pratama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s