Pemprov-Asia Fondation Kerjasama Perbaikan Iklim Usaha

Posted: 29/12/2010 in Uncategorized
Tags: , , , , ,

InformasiPagi, Sumsel

Asia Fondation Indonesia menawarkan kerjasama dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Pemprov Sumsel), untuk memperbaiki iklim usaha di Sumsel. Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin meminta Asia Fondation melakukan pendampingan teknis memperbaiki iklim usaha di Sumsel untuk jangka panjang.
Demikian terungkap dalam pertemuan antara Gubernur Sumsel, jajaran Pemprov Sumsel, dengan The Asia Foundation dan Pilar Nusantara, di Kantor Gubernur, kemarin Jumat (17/12). Pertemuan membahas bantuan teknis untuk prakarsa perbaikan iklim usaha daerah melalui pelayanan perizinan terpadu satu pintu dan kajian dampak peraturan daerah.
Program Officer The Asia Fondation Indonesia, Hari Kusdaryanto mengatakan, pihaknya menawarkan kerjasama berupa perbaikan iklim usaha daerah yang bentuknya berupa pendampingan teknis (technical assistant) melalui pihak ketiga, bukan dalam bentuk bantuan langsung ke pemerintah daerah, pendampingan teknis untuk memperkuat Pemprov Sumsel memperbaiki iklim usaha di Sumsel.
Konkritnya, pendampingan teknis yang dimaksud seperti pelatihan, penyusunan kebijakan, workshop, publikasi-publikasi dan lainnya, sampai sekitar Bulan September 2011 mendatang. “Komponennya ada dua, pertama kita akan mereview kebijakan peraturan daerah yang menghambat iklim usaha, kita akan menghitung peraturan retribusi apakah menguntungkan atau merugikan bagi dunia usaha. Kedua pembentukan dan pengembangan pelayanan satu terpadu satu pintu, jangan hanya di provinsi tapi diseluruh kabupaten/kota,” katanya usai rapat.
Ia menilai, PTSP milik Provinsi Sumsel yang berada di Kantor Badan Penanaman Modal Daerah (BPMD) Sumsel sudah baik, terlebih sudah mendapatkan penghargaan tingkat nasional. Namun masih ada pekerjaan rumah yang harus diselesaikan yaitu pembentukan PTSP di kabupaten/kota, karena masih ada kabupaten/kota yang belum memiliki PTSP. “Meski sudah ada yang membuat one stop service, tapi belum terpadu satu pintu,” jelasnya.
Dalam waktu dekat, pihaknya akan mendiskusikan secara teknis dengan Biro Hukum, PTSP, BPMD, BAPPEDA dan lainnya, bagaimana tindak lanjut pelaksanaan kerjasama ini. Sehingga diharapkan, Sumsel yang iklim investasinya sudah baik dimata nasional, semakin lebih baik lagi ke depan bahkan ditiru oleh provinsi-provinsi lain di Indonesia. “Realisasinya segera dilakukan, kita meminta pak Gubernur mengirimkan surat balasan persetujuan, kalau sudah setuju kita akan segera laksanakan,” katanya.
Sementara itu Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin, menyambut positif upaya kerjasama yang akan dilakukan Pemprov Sumsel dengan Asia Fondation untuk memperbaiki iklim usaha di daerah. Bahkan, Gubernur meminta pendampingan yang akan dilakukan Asia Fondation tidak hanya satu tahun melainkan untuk jangka yang lebih panjang lagi.
Sedangkan, Sekretaris BPMD Provinsi Sumsel, Fauzi menambahkan, pihak Asia Fondation akan meninjau beberapa perda di Sumsel untuk mengetahui, apakah perlu diubah atau dibuat baru, apakah sudah mendukung investasi di Sumsel atau tidak. “Peninjauan perda itu tidak lain untuk meningkatkan investasi yang ada di Sumsel,” katanya singkat.agustian pratama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s