Januari Material Kolam Renang Akuatik Mulai Dibuat

Posted: 29/12/2010 in Uncategorized
Tags: , , , , , ,

InformasiPagi, Sumsel

Pembangunan venue Aquatic ditargetkan rampung pertengahan Juli 2011, secara keseluruhan instalasi venue aquatic khusus kolam renang akan memakan waktu dua bulan. Material kolam renang dipesan dari Italia yang pada Januari akan mulai dibuat.
Demikian terungkap dalam pertemuan antara Dinas Pekerjaan Umum Cipta Karya (PU CK) Provinsi Sumsel, dengan kontraktor dan juga konsultan pembangunan venue aquatic di kantor Dinas PU CK Sumsel, kemarin, Selasa (21/12).
Pada presentasinya, Konsultan Pembuatan Kolam Renang yaitu Regional Consultant East dan SE Asia Myrtha Pools, Johnny Li mengatakan, sebelum dilaksanakannya kegiatan SEA Games 2011 yaitu pada bulan November, maka pihaknya harus merampungkan konstruksi venue aquatic khususnya kolam renang.
“Secara keseluruhan konstruksi harus selesai pada Juli, karena sesudah dilakukan pembangunan dan instalasi, maka venue Aquatic seperti kolam renang harus dicek kelayakan pakainya dan diuji coba dengan pertandingan-pertandingan sebelum kegiatan SEA Games,” jelasnya didampingi penterjemah dari Associate/Urban Planner dari Uni Tri Cipta, Lukman Niode B.Arch MLp.
Ia mengungkapkan, mulai Januari sampai Maret 2011 pihaknya sudah mulai membuat material kolam renang dan seluruh yang diperlukan untuk venue atletik di Itali, pada pertengahan April pembuatan material kolam renang harus selesai, sehingga pada awal Maret material atau barang-barang harus sudah dikirim dari Itali melalui kapal, yang selanjutnya untuk dilakukan instalasi di Jakabaring Sport City.
“Kolam renang ini terbuat dari stainless steel, PVC (water proofing yang tidak akan bakal bocor, dinding baja, steel frame, dan bergaransi selama 15 tahun. Kolam renang ini juga akan dilengkapi filtration system atau sistem filtrasi air agar jernih, sehingga jarak pandang 50 meter di dalam air masih dapat terlihat jelas,” katanya.
Bahkan, dengan desain yang profesional suhu air kolam renang akan berubah, dan kolam renang standar internasional ini nantinya juga dipastikan bebas dari lumut-lumut. Pihaknya menargetkan, penyelesaian kolam renang ini rampung sekitar dua bulan sejak konstruksi dimulai, target waktu penyelesaian itu sudah termasuk jika terjadi kendala di lapangan.
“Waktu dua bulan itu waktu yang aman, kalau untuk pemasangan kolam renang ini saja, kita pernah mencapai rekor pemasangan hanya tiga hari, karena sistemnya hanya menginstal/memasang material yang ada,” ungkapnya.
Tidak hanya di Indonesia, tahun 2012 mendatang pihaknya juga akan menangani pembuatan kolam renang untuk olimpiade di London, menurut dia, pihaknya sudah berpengalaman membuat kolam renang sejak tahun 1961, dan setiap tahunnya sekitar 1.500 kolam renang dibangun pihaknya di beberapa negara. “Kantor cabang kita juga sudah menyebar di 63 Negara di dunia,” ungkapnya.
Sementara itu, dari PT Prambanan Dwipaka selaku kontraktor, Endang mengatakan, proses pengerjaan pondasi dan floor dalam pembangunan kolam renang ini memakan waktu lama, yang secara teknis memang membutuhkan ketelitian. “Pembuatan pondasi ini termasuk sulit, karena ini bukan pembangunan cara konvensional tapi standar internasional, kolam renang ini hanya akan ada di Vietnam dan di Sumsel, sehingga kita harus serius dan fokus. Jika sudah pondasi, untuk konstruksi ke atasnya akan mudah, karena materialnya didatangkan dari luar dan tinggal instalasi saja,” jelas dia.
Sedangkan Kepala Dinas PU CK Sumsel, Ir Rizal Abdullah Dipl.He MT menjelaskan, MoU dengan pihak Myrtha Pools sudah dilakukan sejak tiga bulan lalu, pembiayaannya mencapai sekitar Rp 150 miliar, terdiri dari Rp100 miliar untuk pembangunan fisik, dan Rp 50 miliarnya untuk sarana pendukung. ”Untuk main poolnya saja sekitar Rp8 Miliar, untuk diving pool di bawah Rp8 Miliar, belum ditambah biaya yang lain,” jelasnya. agustian pratama

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s