Idealnya UMP Meningkat 17 Persen

Posted: 29/12/2010 in Uncategorized
Tags: , , , ,

InformasiPagi, Sumsel

Meski Upah Minimum Provinsi (UMP) Sumsel untuk tahun 2011 mendatang, sudah disepakati dewan pengupahan dan sudah ditetapkan Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin naik sebesar 13 persen. Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) Sumsel, menilai kenaikan tersebut belum mampu memenuhi standar upah layak untuk pekerja lajang. Idealnya UMP di Sumsel untuk sekarang meningkat hingga 17 persen.
Hal ini diungkapkan Ketua SPSI Sumsel, Khaidir Tanjung diwawancarai, Sabtu (18/12). Ia memaparkan, setiap tahun besaran kenaikan UMP memang meningkat, hanya saja meski sudah disepakati bersama, naiknya UMP tersebut belum mampu memenuhi kehidupan layak untuk pekerja lajang. Dijelaskannya, UMP Sumsel pada 2009 lalu sebesar Rp824 ribu, pada UMP 2010 naik sebesar Rp927 ribu, dan untuk tahun 2011 nanti meningkat 13 persen.
“Artinya pada 2011 nanti nilai UMP menjadi Rp1.048.440, meningkat 13 persen dari UMP 2010, kenaikan 13 persen itu bagi warga pekerja sebenarnya belum memuaskan, idealnya UMP di Sumsel ini untuk sekarang meningkat 17 persen, peningkatan sebesar 17 persen tersebut ideal untuk pekerja lajang, bukan yang sudah berkeluarga,” katanya.
Belum idealnya kenaikan UMP tersebut, karena berdasarkan survei yang dilakukan pihaknya, UMP hingga kini belum sejajar dengan kebutuhan hidup layak (KHL). “Sebenarnya upah minimum ini kan harus sesuai sesuai dengan kebutuhan, dan sesuai ketentuan UMP harus mengejar target KHL dalam tempo sekian tahun ke depan, agar KHL sejajar dengan upah minimum. Tapi nyatanya sekarang, malah KHL yang cepat naiknya dan upah minimum lambat, sehingga kesejajaran itu sampai sekarang belum tercapai,” urainya.
Kecilnya nilai UMP di Sumsel, juga dilontarkan Korwil Niaga Informatika Keuangan dan Perbankan, Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (Nikeuba SBSI) Sumsel, Darius. Ia mengatakan, pada umumnya kehidupan buruh di Indonesia khususnya Sumsel sampai saat ini kondisinya sangat memrihatinkan.
“Karena, sekitar 90 persen kehidupan buruh Indonesia masih rata-rata di bawah garis kemiskinan, dan harus diakui dengan sebatas UMP dan UMR yang rata-rata Rp1 juta, yang harus hidup dengan dua orang anak serta untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari akan sulit dipenuhi,” katanya.agustian pratama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s