Gubernur Usahakan RSMH Punya Alat Bedah Jantung

Posted: 29/12/2010 in Uncategorized
Tags: , , , , , , ,

– Alex Tinjau Operasi Bedah Jantung Perdana RSMH
InformasiPagi, Sumsel

Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin secara khusus meninjau langsung operasi bedah Jantung gratis secara terbuka di Rumah Sakit Mohammad Hoesin (RSMH). Karena alat bedah jantung masih meminjam dengan RS Harapan Kita (RSHK) Jakarta, Gubernur akan mengusahakan RSMH memiliki alat bedah jantung sendiri.
Pantauan di lapangan, Gubernur Sumsel, memantau operasi bedah jantung perdana di RSMH tanpa masuk ruang bedah, namun melalui layar CCTV ukuran sekitar 2×2 meter di ruang COT (Central Operation Theater) RSMH. Gubernur didampingi Asisten III Bidang Kesejahteraan Rakyat Provinsi Sumsel, dr H Aidit Aziz, unsur muspida lainnya. Kedatangan Gubernur disambut langsung Direktur Utama RSMH Palembang, Dr H Yanwar Hamid SPpD.
Pada kesempatannya berbicara di ruang COT, Gubernur Alex mengatakan, operasi bedah jantung terbuka gratis pada pasien jamsoskes/ jamkesmas yang dilakukan kemarin, merupakan tonggak sejarah Sumsel. ”Di Sumsel pengobatan gratis untuk rakyat ini memasuki tahun kedua, tapi untuk Kabupaten Muba sendiri memasuki tahun ke delapan. Rujukan berobat gratis ini dimulai di puskesmas atau puskesmas pembantu ke RS kabupaten/kota lalu RS Provinsi dan terakhir ke RS Harapan Kita Jakarta juga RS Cipto Mangunkusumo (RSCM),” jelas Gubernur.
Gubernur mengakui, di lapangan masih banyak yang sinis terhadap program berobat gratis, namun program ini akan terus berjalan untuk meringankan beban rakyat Sumsel, hal ini terbukti dengan tak kurang 200 pasien berobat gratis yang dirujuk sampai RSCM atau RSHK di Jakarta, yang kesemuanya murni dibiayai APBD Provinsi Sumsel untuk seluruh penyakit.
”Apalagi dengan sudah mampunya RSMH Palembang menangani operasi bedah jantung, maka tidak perlu lagi dirujuk sampai Jakarta, sehingga menambah ringan beban keluarga pasien tanpa perlu mengeluarkan biaya yang lebih besar untuk akomodasi,” ujarnya.
Namun, ia menyadari untuk sementara ini baru SDM operasi bedah jantung yang dimiliki RSMH Palembang yang didampingi SDM dari RSHK, sedangkan untuk peralatan masih meminjam dari RSHK Jakarta sejak beberapa tahun lalu. ”Kalau kita bisa mencarikan dana untuk SEA Games mencapai sekitar Rp2 Triliun, kenapa tidak untuk peralatan operasi bedah jantung untuk RSMH yang sekitar Rp5-Rp10 Miliar, kita akan carikan uangnya,” kata Alex.
Terakhir Gubernur menambahkan, Pemprov Sumsel tengah mempersiapkan pembangunan RS milik Provinsi berstandar internasional di Jalan Kolonel H Barlian eks RS Ernaldi Bahar, sementara RS Ernaldi Bahar akan direlokasi di Jalan Soekarno-Hatta dan juga akan dibuat berstandar internasional. agustian pratama

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s