Awasi Penyalur TKI ke Luar Negeri

Posted: 29/12/2010 in Uncategorized
Tags: , , , ,

InformasiPagi, Sumsel

Wakil Gubernur Sumsel, H Eddy Yusuf meminta agar masyarakat Sumsel khususnya organisasi-organisasi wanita, mengawasi lembaga penyalur tenaga kerja indonesia (TKI) khususnya tenaga kerja wanita (TKW) untuk dikirim bekerja ke luar negeri. Hal ini untuk meminimalisir adanya agen penyalur tak resmi, yang hanya akan merugikan masyarakat.
Menurut Wagub, Provinsi Sumsel harus mulai menghentikan pengiriman TKW untuk dipekerjakan sebagai pembantu rumah tangga (PRT) ke luar negeri, melainkan mengirimkan tenaga kerja yang lebih profesional, apalagi Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin sudah mulai menjajaki kerjasama dengan Jepang untuk pengiriman tenaga kerja perawat. “Jika memaksa menjadi PRT di luar negeri akan berimbas buruk,” katanya diwawancara kemarin, Kamis (23/12).
Wagub menilai, banyak penyalur TKI memanfaatkan masyarakat awam yang ingin bekerja ke luar negeri dengan iming-iming gaji besar, namun akhirnya ditelantarkan bahkan dijadikan PRT di negeri orang. “Lembaga penyalur TKI ini harus diawasi, jangan sampai agen penyalur TKI menjadi agen penjualan orang, karena di Malaysia saja TKI sudah mencapai sekitar 2 juta orang itu yang resmi, belum ditambah yang tidak resmi,” ungkapnya.
Siapa yang bertugas melakukan pengawasan ini ? menurut Wagub, masyarakat yang paling berperan untuk melaporkan jika ada indikasi lembaga penyalur TKI yang tidak resmi dan bakal merugikan masyarakat. “Organisasi-organisasi wanita di Sumsel yang jumlahnya sekitar 50 organisasi juga harus bersatu, menyelesaikan masalah ini, salah satunya dengan mengawasi agen-agen penyalur TKI/TKW tersebut,” pintanya.
Wagub kembali menyayangkan, selama ini pengiriman TKI dari Indonesia hanya sebatas PRT, sopir dan tenaga kasar lainnya, ia berharap Indonesia khususnya Provinsi Sumsel tidak menjual martabat dengan mengirimkan tenaga kerja yang seharusnya dapat ditampung dan dipekerjakan di Indonesia.
“Kita harus mampu mengirimkan tenaga kerja yang menengah atas bergaji lumayan besar, dan kita akan mendukung upaya itu dengan kekuatan yang ada, untuk mengatasi permasalahan tenaker di Indonesia baik itu masalah perlindungan juga masalah gaji tenaker itu sendiri,” kata Wagub.agustian pratama

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s