2011, Dishub Tambah Rambu Lalulintas

Posted: 29/12/2010 in Uncategorized
Tags: , , , , ,

InformasiPagi, Sumsel

Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishub Kominfo) Provinsi Sumsel, setiap tahunnya mencatat rambu-rambu lalulintas banyak yang mengalami kerusakan bahkan hilang, akibat dicuri oknum masyarakat. Untuk itulah, 2011 mendatang Dishub akan menginventarisir dan mengganti rambu yang hilang.
Hal ini dikatakan Kepala Dishub Kominfo Provinsi Sumsel, Ir Sarimuda MT kemarin, Selasa (21/12). Menurutnya, Dishub kerap menemukan rambu-rambu lalulintas di jalanan di Sumsel rusak bahkan hilang salah satunya dicuri oknum masyarakat yang tidak bertanggungjawab, seperti hilang tiang atau lainnya. “Rambu-rambu yang belum dipasang, rusak atau hilang, pada tahun 2011 nanti akan semuanya kita pasang,” kata Sarimuda.
Pihaknya menyayangkan rambu-rambu lalulintas ini sering hilang dan rusak, masyarakat yang merusak salah satunya akibat dicuri, padahal rambu-rambu lalulintas fasilitas penting untuk lalulintas jalan raya agar berkendara dapat aman, seperti menunjukkan adanya tikungan tajam, turunan, tanjakan dan lainnya.
“Kita berharap agar masyarakat menjaga dan mengamankan keberadaan rambu-rambu disekitar tempat mereka, apalagi setelah kita pasang baru dan perbaiki nanti, jangan sampai hilang rambu-rambu itu,” pintanya.
Karena sambung Sarimuda, kerjasama dengan masyarakat ini sangat diperlukan, demi keselamatan para pengendara bermotor di jalanan khususnya masyarakat itu sendiri.
Sementara itu, Kabid LLAJ dan Perkeretaapian Dishub Kominfo, Nofri Dalimunthe pernah mengungkapkan, setiap tahun pihaknya memperkirakan sekitar 40 persen rambu-rambu di Sumsel hilang, namun secara akurat pihaknya belum mendata jumlah rambu yang hilang tersebut. Untuk mengimbangi hilang dan rusaknya rambu-rambu lalulintas tersebut pihaknya akan melakukan pemasangan rambu lalulintas baik di seluruh ruas jalan nasional atau juga jalan milik provinsi.
Ia mengaku, kesadaran masyarakat akan pentingnya rambu memang sangat minim sehingga banyak ditemukan rambu-rambu hilang dicuri untuk dijual, bahkan pelaku pencurian rambu-rambu lalulintas ini pernah ditangkap, seperti pencuri gatril di Lahat dan lainnya.agustian pratama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s