Progres Pembangunan Venues Capai 17,69 Persen

Posted: 14/12/2010 in Uncategorized
Tags: , , , , , , ,

InformasiPagi, Sumsel

Pembangunan venues SEA Games XXVI terus dilakukan, hingga kemarin, Dinas Pekerjaan Umum Cipta Karya (PU CK) Provinsi Sumsel, mencatat progress secara keseluruhan pembangunan venues sudah mencapai 17,69 persen.
Kepala Dinas PU CK Provinsi Sumsel, Ir Rizal Abdullah Dipl.He MT mengatakan, secara keseluruhan pembangunan venues SEA Games paling akhir direncanakan selesai pada awal Agustus atau akhir Juli, karena tiga bulan sebelum SEA Games venues harus sudah siap dan digunakan untuk eksibisi.
“Sampai saat ini, proses pembangunannya masih on progress, kita harap tidak akan ada delay pembangunan dan kendala lain, karena terlihat oleh orang awam di lapangan ini meragukan, tapi kita sudah memiliki skedul paling lambat awal Agustus semua sudah selesai,” katanya diwawancara di UPTD PU CK Sumsel, di Jalan Kapten Anwar Sastro, Senin (13/12).
Menurutnya, untuk pembangunan pondasi venues di pertengahan Januari ditargetkan tuntas, meski pihaknya sempat menemui kesulitan seperti cuaca hujan dalam pembangunan venues seperti saat akan memasukkan tanah dari luar Jakabaring.
“Kalau progres pembangunan venues secara keseluruhan baru mencapai 17,69 persen, namun masing-masing venues rata-rata sudah terjadi perkembangan mencapai 20 persen, seperti venue lapangan tembak sudah 17 persen, venue atletik sudah 22 persen, venue tenis 19 persen, aquatik 16 persen, Sport Science Centre (SSC) baru 8,8 persen, kalau, dalam waktu dekat kita akan segera lakukan tender kegiatan lampu jalan dan utilitas lainnya,” ungkap Rizal.
Ia mengatakan, setiap hari pihaknya melakukan pemantauan perkembangan pembangunan juga renovasi venues termasuk wisma atlet, SSC dan lainnya, bahkan rata-rata venues sudah melakukan pemasangan tiang pancang. “Tapi kami memrediksikan, venue tenis akan rampung lebih awal dari venue Atletik, untuk venue kolam renang dari jumlah tiang pancang yang dibutuhkan sekitar 1.568 titik, sudah terpasang sekitar 600 titik lebih tiang pancang. Target kita, pertengahan Januari 2011 pemasangan tiang pancang untuk venue renang ini rampung,” jelasnya.
Untuk pembangunan venue aquatik dalam proses pembangunan struktur bawah, jika rampung akan dilanjutkan ke upper structure atau struktur atas, perlengkapan penunjang untuk aquatic ini dari Italia dan sudah siap untuk dipasang, paling lambat Agustus 2011 Aquatic ini sudah rampung secara keseluruhan.
“Untuk pembangunan wisma atlet, sekarang sedang dalam tahap penyelesaian proses tender, tapi perlengkapan dan bahan material sudah ada tinggal dilaksanakan pengerjaan konstruksi. Kita targetkan sekitar 6-7 bulan ke depan sudah selesai pembangunannya, seiring selesainya pembangunan SSC, volly pantai dan lainnya,” jelas dia.
Rizal mengaku, karena ada perubahan kesepakatan yang semula rencananya dibangun pihak ketiga, tapi berubah menggunakan dana APBN, maka membuat pembangunan venue ski air tertunda, karena harus ditender terlebih dahulu lantaran, namun pihaknya optimis Januari 2011 konstruksi sudah dimulai.agustian pratama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s