Pembangunan Harus Merata Sampai Pesisir

Posted: 14/12/2010 in Uncategorized
Tags: , , , , , , ,

InformasiPagi, Sumsel

Pembangunan di Provinsi Sumsel agar merata hingga ke pesisir pantai, agar masyarakat pesisir dapat hidup sama seperti masyarakat lainnya. Masyarakat pesisir juga dapat dijadikan intelejen untuk melihat kapal asing yang masuk.
Pada peringatan Hari Nusantara XI Tingkat Provinsi Sumsel Tahun 2010, di Graha Bina Praja Provinsi Sumsel, Senin (13/12), Wakil Gubernur Sumsel, H Eddy Yusuf menyampaikan sambutan Menteri Kelautan dan Perikanan, Dr. Fadel Muhammad yang juga selaku ketua panitia nasional peringatan Hari Nusantara XI tahun 2010 13 Desember 2010.
Wakil Gubernur Sumsel, H Eddy Yusuf mengatakan, peringatan Hari Nusantara tanggal 13 Desember puncaknya dilaksanakan di Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur, Hari Nusantara ini adalah suatu bentuk penghormatan atas keberanian dan kegagahan bangsa Indonesia pada tanggal 13 Desember 1957 mendeklarasi laut pedalaman sebagai kesatuan wilayah NKRI.
”Ini adalah karya besar dan fenomenal bagi negara dan bangsa baru yang bernama Indonesia. Dengan keberaniannya secara sepihak menyatakan kepada dunia, bahwa batas perairan laut teritorial Indonesia adalah 12 (dua belas) mil laut, yang merupakan konsistensi perlawanan terhadap warisan kolonialisme dan imperialisme yang secara laten meringkihkan kedaualatan Indonesia,” katanya.
Oleh karena itu, peringatan Hari Nusantara tahun ini mengambil tema yang sangat strategis, yaitu hari nusantara membangkitkan budaya bahari, yang menyadarkan seluruh anak bangsa,
bahwa nenek moyang bangsa Indonesia adalah bangsa pelaut, cinta laut dan pemberani menghadapi gelombang laut yang sangat dahsyat.
”Momentum peringatan Hari Nusantara yang ke 11, saya mengajak masyarakat Indonesia untuk lebih memahami akan kehidupan masyarakat pesisir dan masyarakat di pulau-pulau terdepan di wilayah perbatasan maritim Indonesia. Umumnya mereka hidup di bawah garis kemiskinan, perlu sentuhan pembangunan yang nyata. Dalam lingkup kehidupan mereka terdapat pula budaya bahari yang merupakan jati diri bangsa Indonesia, dikenal sebagai Indonesia pelaut,” paparnya.
Ia melanjutkan, kekayaan dan kekuatan ekonomi lebih besar berasal dari laut, bahkan jati diri bangsa harus berangkat dari laut sebagai potensi ekonomi ekonomi nasional dan budaya bahari yang telah mengakar kuat di lapisan masyarakat paling bawah. Karena itu, seyogyanya bidang kelautan dijadikan pilar utama pembangunan nasional.
”Semangat bahari ini perlu ditransformasikan kedalam tindakan dan kegiatan ekonomi melalui Blue Revolution dan diejawantahkan kedalam program Minapolitan, yang konsepnya pembangunan berkelanjutan untuk peningkatan produksi kelautan dan perikanan melalui program minapolitan yang intensif, efisien, dan
terintergrasi guna peningkatan kesejahteraan rakyat yang adil, merata, dan pantas,” katanya lagi.
Usai acara, Wagub menambahkan, Provinsi Sumsel memang tidak memiliki laut melainkan sungai, namun berdekatan dengan laut, pembangaunan sampai pesisir laut ini perlu diperhatikan. ”Karena sebagaian besar nelayan kita itu dalam kondisi yang prihatin,” katanya.
Selain itu, masyarkat pesisir juga dapat dimanfaatkan sebagai intelejen untuk pengamanan negara dari pesisir laut. ”Tinggal kita mau atau tidak, karena dia tahu persis negara mana yang masuk,” pungkasnya.
Sementara itu, Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Sumsel, Sri Dewi Titisari menambahkan, rangkaian peringatan hari nusantara XI di Sumsel antara lain gerakan masyarakat makan ikan, lomba mewarnai dan lainnya. ”Protein ikan ini luar biasa untuk kecerdasan dan sedikit pengaruhnya terhadap kesehatan paling hanya alergi. Kita ingin memacu terus generasi muda agar lebih pintar ke depan,” katanya.
Untuk potensi laut sendiri kata Sri, Sumsel hanya memiliki sekitar 570 km saja, namun persyaratan untuk mencari ikannya untuk Sumsel hanya sekitar 8 mil laut. ”Areal untuk menangkap ikan laut kita hanya 1,2 juta hektar, lebih kecil dari perairan umum, untuk perairan umum hanya 2,55 hektar se Sumsel,” katanya.agustian pratama

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s