Sumsel Tuan Rumah Festival Kuliner

Posted: 13/12/2010 in Uncategorized
Tags: , , , , , ,


– Gubernur Buka Festival Kuliner se Sumatera
– 10 Provinsi Tanding Kuliner

InformasiPagi, Sumsel

Provinsi Sumsel menjadi tuan rumah penyelenggaraan Sumatra Culinary Festival atau Festival Kuliner se-Sumatera 2010 di Hotel Horison, diharapkan kuliner khas Sumsel lebih dikenal di Sumatra dan luar Sumatera, sehingga tumbuh industri kuliner khas Sumsel di provinsi tetangga.
Festival kuliner satu hari yang digelar kemarin, Kamis (9/12) dibuka langsung Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin, dihadiri General Manager maskapai penerbangan Garuda Indonesia, Rianto, Walikota Jambi, Walikota Aceh, Tim Penggerak PKK se Sumatera dan undangan penting lainnya. Festival diikuti perwakilan chef/koki 10 provinsi se Sumatera, juri didatangkan dari luar Sumsel dan satu dari Malaysia.
Pada kesempatannya memberikan sambutan, Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin menyampaikan, Festival kuliner dimaksudkan untuk memperkenalkan, memamerkan dan memromosikan kuliner masing-masing provinsi khususnya dari Sumsel. Provinsi Sumsel kaya akan sumberdaya alam termasuk juga kuliner, antara lain Empek-empek, Mi Celor, Martabah HAR dan lainnya. Tidak hanya itu, Sumsel juga memiliki 21 macam sambal, belum lagi ditambah kuliner Pindang Meranjat, Sekayu, Pegagan dan lainnya.
“Provinsi Sumsel sudah menjadi sorotan di tingkat nasional bahkan regional Asia Tenggara untuk tourism, trade and invesment, turisme yang terkenal tidak hanya objek wisata tapi juga kulinernya. Dengan adanya festival kuliner se Sumatera ini mudah-mudahan akan muncul dan memotivasi lahirnya koki-koki baru khususnya dari Sumsel. Dengan kuliner yang kita promosikan, akan menambah lengkap khasanah pariwisata di Sumsel,” kata Gubernur.
Menurut Alex, tidak lama lagi Sumsel akan menjadi tujuan utama MICE (Meeting Incentive Convention Event), karena convention center berkapasitas 4.000 seat akan dibangun, fasilitas penunjang seperti bandara, Sumsel memiliki Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang yang terbaik kedua di Indonesia. Tidak hanya itu, stasiun kereta api tercantik di Indonesia juga akan selesai sebelum SEA Games 2011 mendatang.
Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Sumsel, M Jhonson SE mengatakan, kerjasama antara pemerintah dan industri pariwisata khususnya bidang kuliner harus dikembangkan ke depan. Melalui festival kuliner se Sumatera diharapkan lebih memperkenalkan masakan khas se Sumatera kepada masyarakat, dan mendorong minat usahawan yang bergerak dibidang jasa kuliner untuk mendirikan jasa kuliner diberbagai tempat di Sumatera dan luar Sumatera. “Selain itu untuk mendorong arus kunjungan wisatawan domestik dan wisman ke Sumatera sehingga sektor ekonomi akan bergerak yang berujung pada kesejahteraan rakyat,” jelas dia.
Menurutnya, tema festival kuliner 2010 yaitu menjadikan Sumsel sebagai destinasi wisata kuliner, festival yang digelar satu hari ini diikuti 10 peserta dari 10 Provinsi se Sumatera seperti Kepulauan Babel, Kepulauan Riau, Riau, Aceh, Jabi, Sumut, Sumbar, Bengkulu, Lampung, dan Provinsi Sumsel. “Bahan dan perlengkapan kuliner disiapkan oleh Sumsel, tapi jurinya didatangkan dari Surabaya, Jakarta dan dari Malaysia,” terang dia.agustian pratama

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s