Refleksi Seni Bertema Art To SEA Games

Posted: 13/12/2010 in Uncategorized
Tags: , , , , ,

InformasiPagi, Sumsel

Berbeda dengan tahun sebelumnya, refleksi seni yang digelar Dewan Kesenian Sumatera Selatan (DKSS) tahun 2010 ini, bertema art to SEA Games, yang memadukan seni dan olahraga tradisional. Puncak refleksi seni digelar pada hari Selasa 14 Desember 2010 mendatang di Graha Budaya Jakabaring Palembang.
Ketua DKSS Sumsel, DR Zulkhair Ali menjelaskan, refleksi seni dilaksanakan DKSS setiap akhir tahun, pada 2010 rangkaian kegiatan diawali sejak November lalu dengan menggelar Focus Group Discussion (FGD) di Radio Republik Indonesia (RRI), Kantor Harian Umum BeritaPagi dan di Hotel Paradise Palembang, yang temanya mengenai arsitektur seni Sumsel.
“Setelah itu pada tanggal 11-14 Desember ini, kita akan adakan pentas seni, yang rangkaian kegiatannya seperti teater sastra puisi, bedah buku seni rupa, penampilan sanggar seni dan lainnya. Pentas seni 2010 ini diharapkan mengakomodir seluruh pecinta seni untuk melakukan apresiasi di tempat yang telah disediakan,” kata Zulkhair, di Kantor DKSS, di Jalan Seniman Amri Yahya, Kompleks Taman Budaya Jakabaring, Rabu (8/12).
Rangkaian ketiga yaitu puncak refleksi seni 2010, diadakan pada tanggal 14 Desember 2010 di Graha Budaya Jakabaring Palembang, yang terdiri dari anugrah seni, orasi kebudayaan dan pergelaran seni. “Pada acara puncak nanti, disamping anugrah seni ada pagelaran seni, karena tema kita Art to SEA Games 2011, kita mencoba mengambil beberapa kegiatan olahraga tradisional seperti pencak silat yang dipadu tari-tarian tradisional, kita akan tata dengan baik sehingga menjadi pertunjukan kesenian,” jelasnya.
Selain itu, ia menjelaskan dalam rangka meningkatkan pembinaan dan pengembangan seni di Sumsel, DKSS juga mengadakan sayembara jurnalisme seni 2010 untuk jurnalis media massa cetak dan elektronik di Sumsel, dengan mengirimkan karya jurnalistik baik foto dan tulisan bertema kesenian di Sumsel, yang telah dimuat/disiarkan/ditayangkan di media massa cetak/elektronik terhitung 10 Oktober-10 Desember 2010 paling lambat dikirim ke kantor DKSS pada tanggal 10 Desember 2010.
Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Refleksi Seni, Ir Sri Novi Adrianti menambahkan, untuk menyampaikan rangkaian puncak acara yang biasanya memakai MC, pada tahun ini dikemas dalam format sastra tutur, karena di Sumsel memiliki banyak sastra tutur baik itu guritan, senjang dan incang-incang.
Menurutnya, pada kegiatan anugrah seni nanti bertajuk batanghari sembilan, yaitu sebuah pemberian penghargaan kepada para pelkauk seni di Sumsel oleh Pemprov Sumsel, melalui DKSS, penghargaan itu terdiri dari penghargaan teater, musik, tari, film, sastra, seni rupa, pengabdian, pembinaan dan penghargaan insan pers. “Anugrah ini disampaikan pada acara puncak refleksi seni pada Selasa 14 Desember 2010 jam 14.00 sampai selesai di Graha Budaya Jakabaring,” katanya.
Ia menambahkan, seperti tahun lalu Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin juga direncanakan memberikan orasi kebudayaan, Gubernur akan memberikan masukan, kritik dan keinginan untuk kesenian Sumsel yang akan datang. “Karena dengan dukungan pemerintah, perkembangan seni akan semakin pesat,” katanya didampingi Produser Refleksi Seni, Dra Rita Rosihan.agustian pratama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s