Gubernur Alex, Tak Permasalahkan Pilgub oleh DPRD

Posted: 13/12/2010 in Uncategorized
Tags: , , , ,

– Terkait usulan pemilihan Gubernur oleh DPRD, Persatuan Gubernur Belum Satu Suara

InformasiPagi, Sumsel

Dirjen Otonomi Daerah Kementrian Dalam Negeri mengusulkan pemilihan Gubernur (Pilgub) di Indonesia dipilih oleh DPRD Provinsi masing-masing. Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin tidak mempermasalahkan sistem pemilihan, namun ia menyarankan pilgub dilakukan secara serentak agar efisien.
Hal ini diutarakan Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin, usai menutup Diklatpim II Kelas G di Aula Badan Diklat Provinsi Sumsel, Sabtu (11/12). Gubernur Alex tidak mempermasalahkan jika pilgub oleh DPRD Provinsi. “Ya, silahkan saja,” kata Alex.
Namun menurutnya, hingga kini belum semua Gubernur yang tergabung dalam asosiasi pemerintah provinsi yang satu suara menyetujui Pilgub oleh DPRD. “Para Gubernur menanggapi ini juga terpecah, ada yang setuju dipilih DPRD ada yang belum setuju, jadi suara asosiasi pemerintah provinsi itu belum satu. Kalau saya, terserah saja, mau langsung ayo, dipilih DPRD juga tidak apa-apa,” kata dia.
Disinggung, apakah alasan usulan Gubernur dipilih DPRD, untuk menghemat anggaran dan pendanaan yang mahal, Alex beranggapan, jika alasan biaya mahal itu bukanlah alasan. “Gubernur hanya 33 orang, sementara Bupati/Walikota di Indonesia sudah mencapai sekitar 500 orang, jika beralasan mahalnya pendanaan, dana penyelenggaraan pemilihan Bupati/Walikota tentu lebih besar lagi karena 500 orang,” ungkapnya.
Alex mengusulkan, jika memang dilakukan efisiensi anggaran, pilgub dapat dilakukan serentak. “Jadi, tinggal diefisiensikan saja, efisiensinya bisa dengan melaksanakan pilkada secara serentak, karena kalau soal mahal dan murah itu adalah relatif, tinggal bagaimana kita menerapkan aturan yangbenar saja,” tutupnya.
Sementara itu, Wakil Gubernur Sumsel, H Eddy Yusuf, juga pernah menanggapi pilgub oleh DPRD Provinsi, ia menganggap jika pilgub dilakukan DPRD Provinsi maka terjadi kemunduran demokrasi. Namun Wagub mendukung pemilihan pemimpin secara serentak seperti Negara Jepang.
“Sebenarnya, demokrasi kita sekarang ini sudah maju, kalau sudah dipilih DPR artinya sudah tidak maju lagi, karena kecil kemungkinan DPRD tersebut akan memilih Gubernur sesuai kriteria rakyatnya, pasti maunya DPRD itu sendiri, jadi mendingan rakyat saja yang milih langsung, kalau saya, tetap sependapat rakyat itulah yang memilih Gubernurnya langsung bukan DPR,” tegasnya.
Namun tentang pemilihan pimpinan baik di tingkat daerah maupun tingkat nasional dilaksanakan secara serentak, Eddy menyambut baik, namun memerlukan persiapan dan keseriusan itu harus dimulai dari pemerintah pusat. “Nah, kalau pemilihan pimpinan secara serentak, mulai dari Presiden, Gubernur Bupati/Walikota, DPR, itu harus dimulai dari Jakarta, dan wacana ini pernah dilontarkan mantan Presiden RI, Megawati Soekarno Putri,” katanya.
Konsep pemilihan serentak ini kata Wagub, pernah ditunjukkan oleh Negara Jepang, yang pemilihan umumnya berlangsung lama karena harus memilih dari Presiden sampai pimpinan tingkat bawah. “Mereka itu kalau pemilihan, pemilihnya duduk, karena prosesnya lama, memilih satu per satu calon pemimpinnya,” jelas Wagub.
Pola pemilihan Negara Jepang ini dinilainya sangat menguntungkan, karena pola kerja masing-masing kepemimpinan dalam satu periode akan terukur. Namun, jika ini akan diterapkan di Indonesia maka akan banyak pemimpin yang tengah menjabat menjadi korban. ”Tentu akan ada korban, misalnya pemilihan serentak ini dimulai tahun 2013 mendatang, nah bagi pemimpin yang baru dipilih tahun 2011 atau 2012 kan tahun 2013 masa kepemimpinannya belum habis, tapi harus diganti lagi. Jadi, harus ada kerelaan kalau ini akan diterapkan, karena merupakan keputusan tapi undang-undangnya harus dibuat dulu,” kata dia.agustian pratama

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s