SEA Games XXVI, PKBI Sebar Kondom Gratis

Posted: 04/12/2010 in Uncategorized
Tags: , , ,

InformasiPagi, Sumsel

Sama saat Sumsel menjadi tuan rumah PON XVI tahun 2004 lalu, Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Provinsi Sumsel pada SEA Games XXVI tahun 2011 mendatang, juga akan menyebarkan kondom gratis ke tempat-tempat berpotensi dan beresiko terjadinya penularan penyakit AIDS.
Menurut, Ketua PKBI Sumsel Amirul Husni, untuk mengantisipasi terjadinya penyebaran dan penularan penyakit AIDS selama kegiatan olahraga internasional Asia Tenggara SEA Games XXVI tahun 2011 nanti, PKBI akan menyebarkan kondom gratis ke tempat-tempat yang beresiko terjadinya penularan AIDS, seperti wisma, hotel melati, dan panti pijat.
”Karena tempat-tempat itu kelompok tempat yang berpotensi dan beresiko terjadinya penyebaran dan penularan AIDS, tapi bukan berarti hotel-hotel atau tempat-tempat itu melakukannya, hanya beresiko terjadi hal yang diinginkan itu,” kata dia diwawancara, usai menghadiri acara Peringatan Hari AIDS Sedunia Tahun 2010, di Graha Bina Praja Provinsi Sumsel, Selasa (1/12).
PKBI Sumsel kata Amirul pernah melakukan hal yang sama yaitu menyebarkan kondom gratis, saat Sumsel menjadi tuan rumah PON XVI pada tahun 2004 lalu. ”Untuk itulah, berdasarkan pengalaman kita di PON kemarin, di tengah orang sibuk menyaksikan pertandingan bola dan lainnya, kita dari PKBI sibuk membagikan kondom, di SEA Games nanti kita juga akan melakukan hal ini,” jelasnya.
Tidak hanya kondom, pihaknya juga menyebarkan leaflet dan brosur-brosur tentang sosialisasi bahaya AIDS ke berbagai tempat termasuk ke tempat-tempat yang berpotensi dan beresiko seperti yang disebutkan sebelumnya.
Namun, dengan penyebaran kondom gratis ini, bukan berarti pihaknya melegalkan terjadinya hubungan seks bebas, melainkan untuk mengantisipasi terjadinya penyebaran dan penularan penyakit AIDS di Sumsel khususnya Kota Palembang. ”Kasus penyakit AIDS ini seperti fenomena gunung es, yang muncul di permukaan hanya sedikit, tapi banyak kasus yang belum terungkap di tataran bawah,” ujarnya.
Amirul menerangkan, di Sumsel ada empat daerah yang diprioritaskan sebagai sasaran program pihaknya untuk menekan angka penyakit AIDS, yaitu Palembang, dan kota terdekat dari Palembang yaitu Prabumulih, Ogan Komering Ilir dan Banyuasin, menyusul kabupaten/kota lain.
Upaya penekanan jumlah kasus AIDS di Sumsel yang dilakukan pihaknya ini didukung dana global fund, yaitu lembaga pendonor yang juga mendukung 33 provinsi se Indonesia termasuk Sumsel.
Amirul mengimbau, agar masyarakat di Sumsel yang terindikasi atau mengetahui ada temannya terindikasi terjangkit HIV/AIDS segera memeriksakan diri secara gratis ke rumah sakit yang ditunjuk, seperti RK Charitas, RS Myria, RS Ernaldi Bahar dan juga di rumah saki daerah lain seperti Banyuasin, OKI dan Prabumulih.
Sementara itu, Asisten III Bidang Kesejahteraan Rakyat Provinsi Sumsel, dr H Aidit Aziz berharap, peringatan Hari AIDS Sedunia 2010 dijadikan momentum meningkatkan komitmen untuk menghindari penyakit HIV/ADIS mulai dari generasi muda seperti pelajar dan juga mahasiswa. “Karena para anak muda ini, sebagai penerus pembangunan di Sumsel, sehingga harus waspada agar tidak terinfeksi virus yang mematikan ini dengan menghindari prilaku hubungan seksual tidak aman dan penggunakan narkoba melalui jarum suntik,” pintanya.agustian pratama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s