Jamnas IX Teluk Gelam, Perlu Water Treatment

Posted: 04/12/2010 in Uncategorized
Tags: , , , , , ,

– Wagub Minta Jamnas IX Gunakan Water Treatment
InformasiPagi, Sumsel

Provinsi Sumsel khususnya Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) pada Juli tahun 2011 mendatang, menjadi tuan rumah Jambore Nasional (Jamnas) IX tahun 2011 mendatang. Namun, pada Jamnas nanti agar diadakan Water Treatment sebagai sarana penyaring air bersih, untuk kebutuhan Jamnas.
Wakil Gubernur Sumsel, H Eddy Yusuf, mengatakan, setelah delapan kali diadakan di beberapa daerah di Indonesia tahun depan giliran Provinsi Sumsel menjadi tuan rumah Jamnas, sebelum dilakukannya Jamnas tahun depan, beberapa waktu lalu kawasan Teluk Gelam diujicoba dengan kegiatan jambore daerah. “Secara umum persiapan untuk Jamnas di Teluk Gelam OKI sudah bagus dan sudah siap, kemarin sudah diujicoba dengan kegiatan jambore daerah,” kata Wagub, diwawancara di Griya Agung Palembang, Jumat (3/12).
Hanya saja sambung Wagub, ada yang harus diperbaiki semua pihak termasuk oleh Kepala Daerah yaitu masih dibutuhkannya dukungan air bersih atau sarana air bersih di Teluk Gelam untuk kegiatan Jamnas tersebut. “Menghadapi Jamnas ini, tinggal lagi bagaimana kita mensupport air bersihnya, seperti water treatment sebagai sarana penyaring air bersih, kalau bahan bakunya tidak menjadi masalah karena ada danau Teluk Gelam,” jelasnya.
Sementara itu, Ketua Kwartir daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Sumsel, Drs H Abdul Shobur SH MM mengatakan, lokasi Jamnas akan dilaksanakan di Bumi Perkemahan Teluk Gelam, Kabupaten Ogan Komering Ilir, sementara untuk di Bumi Perkemahan Cadika Kota Palembang, sebagai sub camp Jamnas IX 2011. “Waktu pelaksanaannya pada hari Sabtu 2 Juli 2011 hingga Sabtu 9 Juli 2011, dan mengambil tema ‘Bersatu Teguh Menuju Indonesia Gemilang’, sedangkan motonya ‘Satyaku Kudarmakan Darmaku Kubaktikan’, dengan tekad patriot bangsa berbhineka tunggal ika, dan berslogan sehat, cerdas, ceria dan bersahabat,” jelasnya.
Shobur menerangkan, Jamnas diselenggarakan kwarnas (kwartir nasional) setiap lima tahun, yang bertujuan untuk meningkatkan kemandirian, kepemimpinan, ketrampilan, persatuan dan kesatuan pramuka penggalang, serta memiliki komitmen terhadap penghayatan dan pengamalan kode kehormatan pramuka yaitu tri satya dan dasa darma.
“Sasarannya, untuk meningkatkan ketaqwaan kepada Tuhan YME, terbinanya tali persaudaraan dan ikut serta membangun jati diri bangsa, meningkatnya pengembangan mental, fisik, pengetahuan, jiwa kepemimpinan, dan kepercayaan diri. Lalu meningkatkan rasa tanggungjawab terhadap diri sendiri, masyarakat, bangsa dan Negara, juga untuk menambah pengalaman dan ketrampilan,” tutupnya.agustian pratama

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s