Balitbangda Kembangkan Industri Kreatif di Daerah

Posted: 04/12/2010 in Uncategorized
Tags: , , ,

– 2011, Balitbangda Siapkan Industri Kreatif di Setiap Daerah

InformasiPagi, Sumsel

Setelah membentuk industri kreatif di Kota Palembang, salah satunya kampung suvenir di Kampung Talang Kedondong Kelurahan Kebun Bunga Kecamatan Sukarami Palembang. Pada 2011 mendatang, Badan Penelitian dan Pengembagan Daerah (Balitbangda) Provinsi Sumsel, telah menyiapkan pengembangan industri kreatif kabupaten/kota lain di Sumsel, sesuai komoditi khas daerah masing-masing.
Kepala Balitbangda Provinsi Sumsel, DR Ekowati Retnaningsih SKM M Kes, melalui Sekretaris Balitbangda Provinsi Sumsel, Erlina mengatakan, di Kota Palembang pihaknya telah mengembangkan industri kreatif dan makanan tradisional salah satunya kampung suvenir seperti gantungan kunci, tempelan kulkas, gelang tangan SFC dan lainnya. Hingga kini pihaknya masih terus melakukan pembinaan terhadap industri kreatif kampung suvenir tersebut.
“Untuk 2011 nanti, kita sudah membuat secara menyeluruh master plan untuk menerapkan hal ini di kabupaten/kota se Sumsel, sesuai dengan komoditi-komoditi masing-masing, jadi setiap daerah komoditi yang menjadi industri kreatifnya berbeda,” kata dia.
Secara umum, pihaknya sudah memiliki tematik-tematik untuk masing-masing kabupaten kota, hanya saja masih perlu dilakukan rapat pembahasan lebih lanjut dengan tim, stake holder dan juga pemerintah kabupaten/kota untuk mewujudkannya.
“Ibu Kepala Balitbangda Sumsel bu Ekowati, akan mengarrange pertemuan dengan stake holder dan kabupaten/kota, untuk lebih fokus terhadap keunggulan daerah masing-masing, karena tematiknya sudah ada tinggal lagi akan dikomitkan saja dengan kabupaten/kota tersebut. Bahkan, kita sudah melakukan roadshow ke kabupaten/kota untuk memantapkan program ini,” jelas dia.
Kepala Balitbangda Provinsi Sumsel, DR Ekowati Retnaningsih SKM M Kes, sendiri pernah mengatakan, selama ini Balitbangda belum nyata menyentuh kebutuhan masyarakat, namun sekarang lembaga litbang memiliki potensi besar membangun budaya komersialisasi penemuan teknologi untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat, melalui pengembangan jiwa kewirausahaan dan inovasi.
”Sumsel mengarah pada era ekonomi berbasis iptek melalui inovasi iptek, dengan Inpres no 1 tahun 2010 telah diintruksikan prioritas percepatan pembangunan Indonesia melalui kreatifitas dan inovasi teknologi. Untuk itu, Pemprov Sumsel membentuk inkubator teknologi bekerjasama BPPT RI untuk mencetak technopreneur,” katanya.
Inkubator teknologi ini berfungsi menginkubasi teknologi dan menginkubasi calon wirausaha baru, yang dilakukan dalam gedung (in Wall) Kantor Balitbangda Sumsel, atau di luar gedung (Out Wall) lokasi wirausaha sesuai kebutuhan.agustian pratama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s