2011, Pendaftar Rumah Murah Mulai Mengangsur Kredit

Posted: 04/12/2010 in Uncategorized
Tags: , , , , ,

– Tujuh Pendaftar Rumah Murah Belum Akad Kredit
InformasiPagi, Sumsel

Tujuh pendaftar dari 283 pendaftar rumah murah sektor formal tipe 36 di Jakabaring yang lulus seleksi, belum melakukan akad kredit dengan Bank Sumsel Babel Syariah. Selain itu, per Januari 2011 pendaftar yang sudah akad kredit sudah mulai mengangsur kredit.
Kepala Biro Kesejahteraan Provinsi Sumsel, H Syahrir Zaman SE MSi mengatakan, Pemprov Sumsel telah mengumumkan nama-nama 283 pendaftar yang lolos tes tahap I dan tahap II, dan pada tanggal 15-19 November lalu telah dilakukan akad kredit dengan Bank Sumsel Babel Syariah. Namun, ada beberapa pendaftar yang belum melakukan akad kredit, karena beberapa alasan.
“Berdasarkan informasi terakhir yang kita dapatkan dari pihak Bank Sumsel Babel Syariah, tinggal tujuh PNS lagi belum melakukan akad kredit rumah murah dengan Bank Sumsel Babel Syariah dihadapan notaris. Ada beberapa alasan sehingga mereka belum melakukan akad kredit, seperti sedang menunaikan ibadah haji, menunggu suami yang sedang pendidikan di luar kota dan lainnya, sehingga proses akad kredit belum dapat dilakukan,” ungkap Syahrir diwawancara di ruang kerjanya, kemarin, Rabu (1/12).
Mantan Kabiro Pembangunan Provinsi Sumsel ini mengaku, tidak memberikan deadline atau batas waktu untuk para pendaftar melakukan akad kredit, namun pihaknya tetap berharap seluruh pendaftar sudah melakukan akad kredit sebelum berakhirnya tahun 2010. “Kita harap secepatnya selesai,” katanya.
Syahrir mengingatkan, bagi pendaftar yang belum melakukan akad kredit, agar mempersiapkan administrasi yang diperlukan antara lain biaya akad kredit sekitar Rp2,620.000, membawa buku tabungan serta materai Rp6000, saat melakukan akad kredit wajib bersama pasangan suami istri.
Terpisah, Kepala Cabang Bank Sumsel Babel Syariah Palembang, Histinalawati membenarkan, jika masih ada beberapa pendaftar rumah murah sektor formal yang belum menyelesaikan proses akad kredit dengan Bank Sumsel Babel Syariah dan notaris. “Sampai hari ini (kemarin-red), baru mencapai 99 persen yang melakukan akad kredit, dan tinggal satu persen lagi yang belum, karena beberapa faktor salah satunya ada yang naik haji dan lainnya,” ujarnya.
Senada dengan Pemprov Sumsel, pihaknya kata Histi berharap para pendaftar secepatnya melakukan proses akad kredit, karena paling lambat pada Januari 2011 mendatang, seluruh pendaftar yang sudah melakukan akad kredit mulai membayarkan kewajiban per bulannya yaitu membayar kredit ke Bank Sumsel Babel Syariah.
“Bagi konsumen yang memiliki tabungan di Bank Sumsel Babel konvensional atau syariah, maka pembayaran kredit akan dipotong melalui tabungan tersebut, namun jika memiliki tabungan di luar Bank Sumsel Babel, maka harus menyetor langsung ke Bank Sumsel Babel Syariah.agustian pratama

Comments
  1. faisal says:

    eanknya ada program seperti ini..

    • ya itulah keuntungan masyarakat di Sumsel, selain berobat sudah digratiskan, sekolah udah digratiskan, bantuan hukum udah digratiskan, berkesempatan dapat rumah murah pula dari pemerintah.

  2. MAYA says:

    apa masih bs mendaftra untuk program rumah murah sekarang? krn sy baru tahu inform. tks

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s