Sat Pol PP Siap Backup Pengamanan SEA Games

Posted: 30/11/2010 in Uncategorized
Tags: , , , , ,

InformasiPagi, Sumsel

Agar pengamanan selama kegiatan olahraga internasional South East Asian (SEA) Games XXVI di Sumsel pada November 2011 mendatang lebih maksimal, Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) Provinsi dan kabupaten/kota se Sumsel, siap membantu membackup tugas aparat kepolisian mengamankan situasi selama kegiatan tersebut berlangsung.
Demikian ditegaskan Kepala Sat Pol PP Provinsi Sumsel, Muslimin SSos MM, diwawancara di Kantor Gubernur kemarin, Senin (29/11). Menurutnya, personel Sat Pol PP se Sumsel berjumlah sekitar 3.000 personel, untuk di Sat Pol PP Provinsi sendiri berjumlah sekitar 240 personel, sementara di kabupaten/kota masing-masing sekitar 200 personel. “Jumlah tersebut sudah termasuk staf,” katanya.
Disinggung mengenai peran Sat Pol PP dalam pelaksanaan kegiatan SEA Games XXVI mendatang, Muslimin mengatakan, Sat Pol PP akan terlibat dalam hal pengamanan kegiatan yang digelar sekitar 10 hari tersebut. “Kami sudah sepakat, Sat Pol PP Provinsi Sumsel dan Sat Pol PP 15 kabupaten/kota se Sumsel, siap menyukseskan SEA Games sesuai dengan tupoksi kami yaitu keamanan, tentunya membantu memback-up keamanan yang dilakukan aparat TNI/Polri,” ujarnya.
Namun, selagi personel Sat Pol PP Provinsi mampu memback-up, maka personel Sat Pol PP kabupaten/kota tidak perlu didatangkan ke Palembang saat SEA Games XXVI nanti. “Kalau kita dari Sat Pol PP Provinsi kekurangan personel anggota, nanti kita kirimkan surat yaitu surat Gubernur ke Bupati/Walikota untuk mengirimkan anggota Sat Pol PP kabupaten/kota untuk diperbantukan,” jelasnya.
Lebih lanjut kata Muslimin, sebenarnya pihaknya telah lama menyepakati dan berkomitmen dengan Sat Pol PP kabupaten/kota untuk siap menyukseskan kegiatan SEA Games XXVI. “Kalau memang diperlukan tambahan personel Sat Pol PP dari daerah, tidak semua Sat Pol PP di kabupaten/kota itu akan didatangkan, tentu hanya perwakilannya saja sekitar 10 orang, jadi kalau 15 kabupaten/kota mengirimkan 10 personel, ada sekitar 150 orang yang ditambah untuk memback-up keamanan selama kegiatan SEA Games,” pungkasnya.
Sebelumnya, Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin meminta, agar seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), termasuk pihak swasta dan masyarakat, agar dapat mendukung kesuksesan SEA Games XXVI sesuai bidang masing-masing, karena Sumsel khususnya Palembang menjadi tuan rumah event olahraga terbesar di Asia Tenggara tersebut. “Tidak perlu diingatkan lagi, seluruh lapisan masyarakat termasuk SKPD harus mendukung kesuksesan SEA Games, paling tidak dengan menciptakan suasana yang kondusif,” pinta Gubernur diwawancara di Kantor Gubernur.agustian pratama

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s