25 Calon Komisioner Informasi Daerah Diseleksi

Posted: 30/11/2010 in Uncategorized
Tags: , , ,

InformasiPagi, Sumsel

Sebanyak 25 calon komisioner informasi daerah (KID) mengikuti tes tertulis dan tes psikotes di Aula Dinas Perhubungan dan Informatika (Dishub Kominfo) Provinsi Sumsel, kemarin, Senin (29/11). Bagi peserta tes tertulis yang lulus akan menjalani tes wawancara pada 10 Desember mendatang.
Pantauan kemarin siang, tampak 25 peserta khusyuk menjalani tes yang memakan waktu berjam-jam, selain materi tes tertulis yang diberikan komisi informasi, peserta juga menerima materi psikotes dari pihak Rumah Sakit Ernaldi Bahar. Peserta tes yang ikut dari kalangan akademisi, mantan pejabat dan masyarakat, tes sendiri diawasi langsung tim seleksi anggota komisi informasi dan pihak Dishub Kominfo Provinsi Sumsel.
Disela melakukan tes, salah satu anggota tim seleksi yang juga anggota Komisi Informasi Pusat, Rahman diwakili Abdul Aziz menjelaskan, untuk menjadi KID peserta harus melalui tiga tahapan seleksi, pertama tahap administrasi, kedua tes tertulis dan ketiga tes wawancara. Adapun, tim seleksi ini KID ini terdiri dari Kadishub Kominfo Sumsel, Sarimuda MT, Kabiro Humas dan Protokol Pemprov Sumsel, Robby Kurniawan, Saut Panjaitan, Sri, Rahman dan lainnya.
”Setelah melalui tes tertulis akan diketahui berapa yang lulus, bagi yang lulus akan mengikuti tes wawancara pada 10 Desember mendatang, yang memang dipilih serentak dengan Hari HAM Internasional, karena memperoleh informasi dan kebebasan berpendapat juga termasuk HAM. Pada tes wawancara nanti, Ketua Komisi Informasi Pusat, pak Alamsyah akan turun langsung mewawancarai peserta,” jelasnya.
Ia menerangkan, KID adalah pemutus sengketa antara masyarakat/lembaga/wartawan yang ingin mendapatkan informasi dengan PPID (pejabat pengelola informasi daerah), sehingga untuk menjadi KID maka orang tersebut haruslah mampu jujur, objektif dan lainnya.
”PPID ini adalah pejabat yang ditunjuk oleh SKPD atau instansi pemerintah untuk menjadi pintu masyarakat mendapatkan informasi, seperti tugasnya humas, jadi, penyampaian informasi nantinya satu pintu melalui PPID. Nah, ketika ada sengketa antara masyarakat atau orang yang butuh informasi dengan PPID, KID ini yang berperan memediasinya,” terang dia.
Sementara itu, anggota tim seleksi lainnya, Saut Panjaitan menambahkan, 25 peserta kemarin mengisi tak kurang 80 soal dari komisi informasi ditambah soal essay, serta soal-soal dari pihak RS Erba. ”Kalau soal dari komisi informasi lebih kepada pemahaman salah satunya tentang UU 14 tahun 2008, sedangkan soal dari RS Erba kita minta arahnya agar para KID nanti benar-benar terpilih orang yang objektif, jujur, memiliki bakat leadership dan lainnya. Tes KID ini berbeda dengan tes komisi lainnya seperti KPU karena KID menjadikan psikotes sebagai bagian dari tes, bukan persyaratan untuk tes,” jelasnya.agustian pratama

Advertisements
Comments
  1. Imtiaz Hami says:

    Kita berharap ini akan membantu menyebarkan hak asasi manusia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s